Pontianak (Antara Kalbar) - SMAN 1 Bengkayang dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun ajaran 2017/2018 membuka jurusan baru yakni jurusan Tata Busana (TB) sebagai upaya menjawab kebutuhan di bidang busana daerah tersebut.

"Jurusan TB dibuka menjawab kebutuhan akan kemajuan di bidang busana. Selain itu juga dalam membuka lapangan kerja baru ke depannya," Kepala SMKN 1 Bengkayang, Yohanes saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Yohanes menjelaskan saat ini secara keseluruhan SMKN 1 Bengkayang sudah miliki enam jurusan yaitu Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ) , Tata Boga (TB), Akuntansi (A) , Administrasi Perkantoran (AP), Pemasaran (P) dan termasuk TB tersebut.

"Setiap jurusan menerima sesuai kebutuhan yaitu TKJ 72 siswa, TB 36 siswa, A 72 siswa, AP 72 siswa, pemasaran 36 siswa dan TB 36 siswa," kata dia.

Seorang pendaftar, Uka Purwaningsih siswi asal SMPN Negeri 1 Teriak mengaku memilih jurusan TB karena bercita-cita menjadi penata busana yang profesional.

"Dengan menjalani memilih tata busana saya berharap dapat memperoleh ilmu khusus bidang tersebut. Tentunya juga dengan pendidikan ini hasilnya pasti beda dengan orang yang tidak belajar khusus," harapnya.

Sementara itu, pengawas SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Trismiyanto Yohanes menegaskan seperti biasanya saat PPDB pihaknya melakukan pengawasan dan berkoordinasi dengan berbagai pihak sekolah.

"Itu dilakukan untuk pengecekan siswa yang mendaftar baik yang berasal dari wilayah Kabupaten Bengkayang maupun dari Luar Bengkayang. Terkait adanya jurusan baru tentu dapat memberikan peluang baru terhadap terciptanya peluang kerja yang lebih variatif," kata dia.


(U.KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017