Pontianak (Antara Kalbar) - Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Kependudukan dan KB (P3PKKB) Sambas, Wahidah mengatakan Kabupaten Sambas telah ditunjuk menjadi tuan rumah pembukaan pencanangan Bulan Bhakti KB Bhayangkara.

"Bulan Bhakti KB Kesehatan Bhayangkara tingkat Provinsi Kalbar 2017 dijadwalkan di Sambas. Alhamdulillah kita menjadi sasaran pembukaan pencanangan," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Selasa.

Dijelaskan dia, pencanangan Bulan Bhakti tersebut dijadwalkan pada Kamis (20/7) mendatang. Disebutkannya kegiatan direncanakan dihadiri langsung Kapolda Kalbar.

"Insya Allah jika tidak ada halangannya, kegiatan pencanangan akan dibuka langsung Kapolda Kalbar. Untuk lokasi kegiatannya kita pusatkan di Desa Tambatan Kecamatan Teluk Keramat," terang dia.

Ia menyebutkan tema bulan bhakti kali ini yaitu manunggal mewujudkan keluarga kecil sehat sejahtera dan berketahanan menuju Kalbar yang maju, mandiri dan harmonis berlandaskan Pancasila.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Kependudukan Dinas P3PKKB, Purtiko Eldiyanto menjelaskan banyak rangkaian kegiatan menyambut bulan bhakti KB Kes Bhayangkara itu.

Dituturkan dia beberapa di antaranya telah dilaksanakan secara rutin sebelum pencanangan Bulan Bhakti sebagai tanggung jawab unit kerjanya.

"Kegiatan ini buah hasil kerjasama dan kolaborasi pemerintah daerah dengan kepolisian guna mewujudkan pembangunan SDM yang berkualitas," jelas dia.

Menurutnya, bentuk kegiatan sesuai nota kesepahaman pemerintah dengan Kepolisian Republik Indonesia, yakni ada sembilan aspek.

Aspek tersebut di antaranya pelayanan KB dan kesehatan reproduksi, pelayanan kesehatan umum, sunatan massal, advokasi komunikasi informasi dan edukasi atau penyuluhan kependudukan dan KB, pembinaan ketahanan keluarga, pelatihan bagi pengelola dan pelaksana program KB, mobil unit penerangan dan membentuk dan pembinaan PIK Remaja.

"Pada saat pencanangan nanti, puncaknya kita gelar pelayanan KB dan kesehatan reproduksi dan sunatan massal," kata Purtiko.
*

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017