Singkawang (Antara Kalbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Singkawang terus memantau sejumlah daerah yang selalu menjadi langganan banjir, mengingat curah hujan saat ini cukup tinggi.
"Kita selalu melakukan monitoring ke beberapa daerah yang selalu menjadi langganan banjir, mengingat curah hujan saat ini cukup tinggi," kata Kepala BPBD Singkawang, Burhanuddin, Rabu.
Beberapa daerah yang rawan terjadi banjir, ujarnya, Pasar Baru, Sekip Lama, Bukit Batu, Naram, Semelagi Hulu dan Setapuk Hilir.
"Berdasarkan pantauan yang kita lakukan, sampai saat ini belum ada terjadi banjir, namun kita tetap waspada terutama saat terjadi pasang air laut dan dalam waktu yang bersamaan turun hujan," ujarnya.
Peningkatan ketinggian air akan selalu pihaknya pantau.� "Sekecil apapun volume air akan terus kita pantau, dan kami juga telah diperintahkan Wali Kota Singkawang dan dinas terkait untuk melakukan penanggulangan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)," jelasnya.
Disamping itu, dia juga mengingatkan kepada warga untuk selalu waspada terhadap terjadinya banjir yang sewaktu-waktu bisa terjadi.
Terpisah, Sekretaris Daerah Singkawang, Syech Bandar mengimbau agar masyarakat kota setempat waspada terhadap ancaman banjir yang mungkin bisa datang di saat musim hujan sekarang.
"Melihat cuaca beberapa hari kemarin, saya imbau masyarakat tetap waspada terhadap banjir yang mungkin bisa datang saat hujan sekarang ini," kata Syech Bandar.
Dia juga mengimbau instansi pemerintah dan aparat yang membidangi bencana, untuk siap menyikapi kondisi cuaca sekarang ini.
"Saya minta mereka siaga dan sudah siap apabila memang terjadi banjir baik pada siang maupun malam hari," tuturnya.
(U.KR-RDO/R021)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017