Putussibau (Antara Kalbar) - Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah melatih pengembangan wirausaha dalam kegiatan Vocational daerah perbatasan wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.
"Kegiatan tersebut melatih keterampilan teknis untuk ibu-ibu membuat produk baru, sehingga muncul wirausaha baru bagi ibu - ibu perbatasan," kata Perwakilan Deputi Penggembangan Sumber Daya Manusia, Kemenkop UKM, Indah saat menghadiri acara tersebut di Putussibau, Selasa.
Ia mengatakan di Kapuas Hulu baru kerupuk basah yang menjadi makanan kuliner.
Sebenarnya banyak potensi untuk membuat makanan kuliner di Kapuas Hulu ini seperti dari ubi - ubian dan pisang, itu kita harapkan dikembangkan kedepannya, ujar Indah.
Menurut dia, Kementerian Koperasi dan UKM berusaha menjangkau sejumlah daerah startegis untuk pengembangan wirausaha seperti daerah perbatasan, daerah terpencil dan tertinggal.
"Untuk wilayah Kalbar ada tiga lokasi yang kami berikan pelatihan seperti halnya di Kapuas Hulu ini, dengan harapam bisa berkembang," kata Indah.
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh mengatakan pelatihan tersebut salah satu wujud komitmen pemerintah mendorong koperasi dan UKM.
"Koperasi dan UKM salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi masyarakat secara nasional," kata Chairul.
Namun dirinya berharap masing - masing usaha terus berkembang mulai dari usaha makro menjadi usaha kecil dan menjadi usaha besar.
"Saya yakin jika dilaksanakan dengan sungguh - sungguh maka dapat membuahkan hasil dan meningkatkan kesejahteraan masyatakat khususnya untuk daerah perbatasan," kata Chairul serius.
(T.KR-TFT/M019)

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017