Singkawang (Antara Kalbar) - Kepala Bidang Infomasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Singkawang, Evan Ernanda mengatakan, pihaknya akan menggelar festival seni pertunjukan rakyat media tradisional yang dijadwalkan kembali pada bulan Agustus mendatang.

"Awalnya akan dilaksanakan pada tanggal 8-9 Mei, namun dikarenakan sesuatu hal sehingga acara tersebut diundur sampai bulan Agustus mendatang," kata Evan di Pontianak, Rabu.

Untuk tahap pertama, terangnya, akan dilakukan audisi guna menyeleksi para peserta. "Audisi itu nanti, akan diikuti sebanyak seratus peserta," ujarnya.

Pementasan akan dilaksanakan di media terbuka umum. Karena tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan hiburan dengan memanfaatkan pertunjukan kesenian tradisional sekaligus informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kepada seluruh peserta bahwa audisi akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 31 Juli 2017, sekitar pukul 08.00 s/d 12.00 WIB dan pukul 13.00 s/d 16.00 WIB di Kantor Dinas Kominfo yang beralamat di Jl A Yani Kota Singkawang," ujarnya.

Bagi peserta dengan bakat musik diharapkan membawa alat musik tradisional masing-masing.

Evan menambahkan, audisi peserta terbagi dalam empat kategori, antara lain, perorangan, perkelompok, perkecamatan dan perkelurahan. Namun, untuk mengetahui informasi lebih lanjut sebaiknya peserta menghubungi panitia.

"Bisa menghubungi saya atau Diah 0856 5005 502 atau Fajar 0813 4559 3741," pintanya.

Dia menyebutkan, untuk pendaftaran peserta tidak dipungut biaya alias gratis."Peserta hanya cukup membawa persyaratan seperti biodata, fotocopy KTP/Kartu pelajar, pas foto 4x6 satu lembar dan tidak dibatasi umur," tuturnya.

Nanti setelah dilakukan audisi, lanjutnya, para peserta sesuai dengan bakat masing-masing akan disatukan dalam kelompok pementasan yang kita beri nama pementasan seni pertunjukan rakyat media tradisional. "Pada tahap ini baru akan dilakukan penilaian oleh tim dari Kementerian Kominfo RI," ujarnya.

Evan menyebutkan, seni tradisional merupakan media komunikasi informasi masyarakat yang cukup efektif dan santun dalam menyampaikan pesan pemerintah dan mampu memberikan pendidikan dan pencerahan kepada masyarakat karena dilandasi oleh budaya dan kearifan lokal.

"Bagi masyarakat Kota Singkawang yang berminat dan mempunyai bakat terutama di bidang teater atau musik tradisional kami masih membuka pendaftaran, silakan datang pada saat audisi," ajaknya.


(U.KR-RDO/M019)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017