Sintang (Antara Kalbar) - Perwakilan dari Kecamatan Dedai, menjadi pemenang lomba masak berbahan utama ikan yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sintang.

"Lomba itu bukan hanya acara seremonial belaka, tetapi menjadi momentum meningkatkan pola konsumsi masyarakat yang sehat, guna pembentukan generasi sehat, cerdas, dan dinamis," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang Zulkarnaen di Sintang, Kamis.

Ia menjelaskan lomba itu juga untuk meningkatkan keterampilan memasak dalam menciptakan menu yang bervariasi, memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan ikan, meningkatkan minat konsumsi ikan, khususnya masyarakat Sintang.

Dikatakan Zulkarnaen, ada 11 kecamatan yang mengirimkan perwakilan untuk mengikuti loma memasak ikan tersebut.

Sebanyak tiga kecamatan yang tidak mengikuti lomba, yaitu Ketungau Tengah, Ketungau Hulu, dan Kayan Hilir.

Juri lomba masak, Adi Sulistiono, mengatakan menilai masakan bukan hanya dari corak dan penampilan atau cara menyajikannya.

"Tetapi rasa yang khas dari masakan tersebut yang penting," katanya.

Ia mengatakan pemenang lomba masak berbahan ikan, ialah Kecamatan Dedai sebagai juara satu dengan jumlah nilai 905, juara dua Kecamatan Kelam dengan jumlah nilai 870, dan juara tiga Kecamatan Sintang dengan jumlah nilai 855.

(KR-TFT/M029) 03-08-2017 14:12:20 

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017