Sambas (Antara Kalbar) - Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili mengimbau para orang tua memberikan perhatian serius terhadap prestasi dan tumbuh kembang anak-anak karena ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal berawal dari lingkungan keluarga.

"Saat ini ketersediaan SDM tersebut menjadi tantangan terbesar yang dihadapi bangsa ini termasuk di Sambas. SDM yang handal di masa mendatang itu kita bayangkan sebagai rakyat yang sehat, cerdas, inovatif, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi maupun kemampuan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya lainnya dengan bijaksana," ujarnya di Sambas, Kamis.

Lanjut dia, SDM ke depannya diharapkan mampu dan jeli melihat peluang serta merebutnya menjadi kekuatan guna meningkatkan potensi diri. SDM yang dicita-citakan itu jelasnya haruslah teguh iman dan moralnya, demokratis, toleran, patuh pada hukum, bangga akan kebudayaan dan jati dirinya.

"Kita ingin ke depannya memiliki SDM berkualitas sebagai pelaku pembangunan yang berakhlakul karimah dan diteladani di dalam NKRI maupun masyarakat dunia," katanya.

Kembali ia menyebutkan, itu semua kata dia berawal dari lingkungan keluarga. Para orangtua sebut dia punya tanggung jawab besar terhadap pengembangan potensi yang dimiliki anak. Minimal tuturnya, para orang tua diminta memberikan pendidikan agama dan menjadi teladan dalam menerapkan ilmu agama masing-masing.

"Dengan pendidikan agama akan melahirkan intelektual intelektual di segala aspek, minimal intelektual karakter sosial atau kepintaran di bidang akhlak. Saya yakin agama mengajarkan kita untuk berakhlak dan berbudi pekerti yang luhur dan mulia," kata dia.

Posisi sekolah ditegaskan dia memang penting, sebagai wadah resmi mutu pendidikan. Sehingga diingatkannya, kolaborasi semua aspek atau komponen masyarakat dari mulai lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, swasta maupun pemerintah itu sendiri, penting mencurahkan perhatian pada pembangunan pendidikan Indonesia.

"Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah berupaya menghadirkan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Sambas terhadap para siswa siswi yang telah berhasil mengukir prestasi pada perhelatan ujian nasional tahun ajaran lalu. Saya berharap juga tingkatkan lagi prestasinya di tahun ajaran baru ini," pesannya.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017