Pontianak (Antara Kalbar) - PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar) akan menggelar kegiatan jelajah sepeda Pontianak - Singkawang - Pontianak dengan jarak tempuh 300 kilometer pada 12 -- 13 Agustus mendatang.
   
Direktur Utama Bank Kalbar Samsir Ismail menuturkan, kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai bukti kepedulian Bank Kalbar terhadap pembinaan olahraga daerah ini. "Sebagai bapak angkat cabang olahraga balap sepeda, Bank Kalbar pada setiap hari ulang tahunnya selalu menggulirkan kegiatan serupa," ujar dia.
   
Kegiatan jelajah sepeda itu digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-53 Bank Kalbar bekerjasama dengan Polda Kalbar dan akan dilepas Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis MH.
       
Samsir Ismail menambahkan, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antarsemua unsur. Rencananya, hampir seluruh komunitas sepeda kota Pontianak, dan juga dari berbagai komunitas yang ada di Indonesia bahkan rider dari Kuching Malaysia juga turut berpartisipasi.
   
"Rencananya ada 13 pembalap dari Kuching, 10 pembalap dari Kalsel, 5 pembalap dari Jakarta dan dua dari Bandung akan ikut serta di dalam event ini," ungkap Samsir.
   
Dikatakannya, saat ini sudah ada sekitar 280 peserta yang menyatakan bakal ambil bagian yang tidak hanya dari golongan komunitas penghobi sepeda, tapi juga dari pembalap berprestasi.
   
Selaku Penanggung Jawab kegiatan jelajah balap sepeda Bank Kalbar-Bhayangkara, Samsir Ismail menambahkan, kegiatan ini akan dimulai dengan start dari Polda Kalbar menuju Kantor Bank Kalbar Cabang Mempawah pada Sabtu (12/8), dilanjutkan ke Kecamatan Sei Duri dan etape terakhir menuju finish di hari pertama yaitu Kantor Bank Kalbar Cabang Singkawang.
   
"Di Singkawang pada malam harinya akan dilaksanakan welcome party oleh Pemerintah Kota Singkawang," jelas Samsir.
   
Keesokan harinya, Minggu (13/8), akan dilanjutkan etape di hari kedua start dimulai dari Kota Singkawang menuju Kota Pontianak. Etape 1, Bank Kalbar Cabang Singkawang menuju Kecamatan Sei Duri dilanjutkan Etape 2, menuju Kantor Bank Kalbar Capem Sei Pinyuh dan etape terakhir akan diakhiri di Tugu Khatulistiwa Pontianak.
  
"Untuk marshal dan road captain, panitia telah menyiapkan masing-masing 15 orang, dibantu pengawalan dari Polda Kalbar. Selain itu kami juga dibantu oleh kepanitiaan Syawal Bonderoso, Johny Van Art, Molyono Maruki dan Bifox," tambah Samsir.
   
Untuk kegiatan ini dijelaskan Samsir, para rider menggunakan sepeda bervariasi. Ada yang menggunakan sepeda jenis balap dan ada yang jenis MTB. Untuk sepeda balap maksimum kecepatan 33 kilometer perjam dan sepeda MTB maksimum kecepatan 25 kilometer perjam.
   
Tak hanya menggelar kegiatan ini, jelas Samsir, direncanakan pada bulan September mendatang juga akan diselenggarakan kejuaraan balap sepeda BMX dengan kategori usia 6-8 tahun, usia 9-12 tahun dan usia 13-15 tahun.
   
Menurut Samsir, balap sepeda sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Bank Kalbar. Bahkan dalam event balap sepeda yang diselenggarakan Bank Kalbar selalu mencetak atlet-atlet balap sepeda muda berbakat.
   
Kegiatan jelajah Bank Kalbar nanti direncanakan akan diikuti oleh Kapolda Kalbar, Irjen Pol Erwin Triwanto SH, Kajati Kalbar, Irdam Kodam XII Tanjungpura, Direktur Utama Bank Kalbar Samsir Ismail, Direktur Umum Bank Kalbar Ilham Wahono. Beberapa komunitas juga ikut serta diantaranya, Polda Kalbar, Bank Kalbar, TNT, Gapensi, Kodam XII Tanjungpura dan beberapa rider dari berbagai kabupaten kota.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017