Pontianak (Antara Kalbar) - Ketua Harian Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kalbar, Syawal Bondoreso mengatakan dalam pergelaran Jelajah Sepeda Bank Kalbar dari Pontianak - Mempawah - Bengkayang - Singkawang yang akan digelar pada 12-13 Agustus 2017 mendatang akan diikuti 293 peserta.

"Pergelaran tersebut merupakan dalam rangka untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-53 Bank Kalbar dan Bhayangkara. Dari konfirmasi dan kesiapan peserta 293 peserta akan ikut memeriahkan," ujarnya saat rapat akhir persiapan Jelajah Sepeda Bank Kalbar di Pontianak, Rabu.

Syawal menjelaskan dari 293 peserta tersebut juga diikuti bukan hanya dari lokal namun juga di luar Kalbar dan bahkan dari luar negeri, Malaysia.

"Yang sudah konfirmasi akan hadir dari Kuching dan Kuala Lumpur sekitar 14 orang. Kalau dari luar Kalbar ada dari Kalsel dan Yogyakarta," papar dia.

Menurutnya jarak tempuh jelajah sepeda tersebut sekitar 300 kilometer. Adapan rutenya yakni dari Pontianak, Mempawah, Bengkayang dan berakhir di Kota Singkawang.

"Mulai dari Pontianak, kemudian berhenti di Bank Kalbar Pinyuh, Polsek Sungai Duri Bengkayang dan berakhir di Bank Kalbar Singkawang. Untuk pelepasan peserta sendiri diusahakan Gubernur Kalbar," kata dia.

Dikatakannya, dalam kegiatan tersebut juga dijadwalkan Kapolda Kalbar, Kajati Kalbar dan sejumlah pihak lainnya akan turut andil dalam jelajah sepeda. Pihaknya yang bekerja sama dengan berbagai pihak seperti dari kepolisian untuk pengamanan baik di jalan dan lokasi kegiatan.

"Kemudian untuk hal kesehatan juga dari Polda ada. Semua persiapan sudah kita maksimalkan dan terus kita pantau hingga hari pelaksanaan," kata dia.

Sementara itu, selaku penanggung jawab kegiatan jelajah balap sepeda Bank Kalbar-Bhayangkara, Samsir Ismail mengatakan bahwa kegiatan itu juga merupakan bentuk kepedulian Bank Kalbar terhadap dunia persepedaan di Kalbar.

"Bank Kalbar itu ibarat bapak dari dunia persepedaan di Kalbar. Hal itu karena setiap berkaitan sepeda kita terus mendukung. Dengan sepeda kita mendukung dunia olahraga dan prestasi di bidang sepeda," kata dia.

Menurutnya pergelaran untuk jelajah sepeda yang ke empat kali tersebut merupakan bagian juga pembinaan terhadap anak muda di Kalbar yang suka bersepeda untuk berprestasi di bidang olahraga tersebut.

"Dengan kegiatan yang kita gelar ini, tentu kita menggunakan jalan sehingga kami dari panitia memohon izin kepada masyarakat pengguna jalan untuk mendukung kegiatan ini," kata dia.

(KR-DDI/N005) 

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017