Pontianak (Antara Kalbar) - Harga ikan dan ayam di sejumlah pasar yang ada di Pontianak dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan bahkan mencapai di atas Rp10 ribu per kilogram.

"Hampir dua minggu terakhir harga ikan naik. Contoh harga ikan tongkol ketika lagi normal paling tinggi hanya kisaran Rp25 ribu per kilogram namun kini kisaran Rp 38 ribu - Rp42 ribu per kilogram," ujar satu di antara pedagang di Pasar Flamboyan Pontianak, Hayyan di Pontianak, Rabu.

Kenaikan harga beberapa jenis ikan menurut Hayyan lantaran pasokan ke pasar berkurang. Pasokan dari hampir semua jenis ikan berkurang dibandingkan saat normalnya.

"Pasokan kurang karena faktor cuaca yang saat ini lagi tidak mendukung nelayan untuk melaut. Begitu lah informasi yang kami dapat," paparnya.

Sedangkan untuk ayam dikatakannya saat ini juga naik yakni menjadi Rp30 ribu per kilogram. Sebelumnya harga ayam hanya di bawah Rp25 ribu per kilogram.

"Harga ayam saat ini sebenarnya turun di mana semula Rp32 ribu per kilogram. Meski turun namun dibandingkan normal masih tinggi," papar dia.

Berdasarkan pantau di Pasar Flamboyan Pontianak, kenaikan harga bukan hanya terjadi pada ikan dan ayam namun juga dialami sayur mayur.

Sebagai contoh untuk mentimun semula hanya kisaran Rp4000 per kilogram kini sudah mencapai Rp12.000 per kilogram. Begitu juga untuk kacang panjang dan sawi keriting per kilogram mencapai Rp15.000. Harga kedua jenis sayur tersebut naik hampir 50 persen.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017