Pontianak (Antara Kalbar) - Badan Pusat Statistik Kalbar mencatat kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) pada Juni 2017 melalui Bandara Supadio Pontianak meningkat secara signifikan yakni 101,47 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Wisman yang masuk melalui pintu Supadio pada Juni 2017 sebanyak 1.642 kunjungan atau naik 101,47 persen dibandingkan Mei 2017 yang hanya 815 kunjungan," ujar Kepala BPS Kalbar, Pitono.

Pitono mengatakan Bandar Supadio Pontianak saat ini sudah bisa menarik Wisman untuk ramai datang ke Kalbar. Dulu sebagian melalui Entikong yang didominasi Wisman Malaysia.

"Peningkatan Wisaman ke Kalbar tersebut juga tidak terlepas dari pelayanan bandara yang kini kian meningkat yang terlihat dari bangunan nan megah dan rute penerbangan baik dari dan ke Kalbar sudah tersedia," kata dia.

Untuk seacara total Wisatan ke Kalbar Juni 2017 mencapai 3.682 kunjungan. Angka tersebut juga naik 30,66 persen dibandingkan kunjungan Wisman Mei 2017, yang hanya 2.818 kunjungan.

"Meski ada peningkatan kunjungan wisatawan namun untuk tingkat penghunian kamar berbintang di Kalbar justru turun. Tingkat hunian tersebut hanya 40,77 persen. Begitu juga untuk lama menginap juga turun di mana hanya 1,62 hari," kata dia.

Sementara itu, terkait Bandara Supadio Pontianak yang saat ini sudah melakukan perluasan dan pembangunan dicanangkan akan diresmikan pada Oktober tahun ini.

"Untuk peresmian bandara masih diwacanakan. Wacana kita akan diresmikan pada Oktober 2017 dan akan diresmikan langsung oleh orang nomor satu di NKRI, Presiden Joko Widodo," ujar General Manager Angkasa Pura II Supadio, Bayuh Iswantoro.

(U.KR-DDI/B008)

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017