Sukadana (Antara Kalbar) - Tidak kurang dari seribu peserta mengikuti Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 Etape Karimata Kabupaten Kayong Utara.

Acara yang digelar di Pantai Pulau Datok, Minggu pagi ini dihadiri langsung oleh Deputi III Pembudayaan Kemenpora, Drs Raden Isnanta

Diawali  dengan senam gowes  dan pertunjukan tarian nelayan dari sanggar lokal Duta Kayong, acara juga diisi  dengan prosesi  penyerahan tanah  dan air dari Bupati Kayong Utara kepada Drs Raden Isnanta sebagai perwakilan Kemenpora untuk dibawa ke Magelang agar disatukan dengan tanah dan air dari daerah-daerah lain di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya sebelum melepas peserta gowes, Bupati Kayong Utara Hildi Hamid mengucapkan selamat datang kepada Deputi beserta rombongan ke Kayong Utara.

Serta tidak lupa dirinya mengucapkan ribuan terima kasih kepada Kemenpora yang telah memilih Kabupaten Kayong Utara  sebagai salah satu etape tempat pelaksanaan Gowes  Pesona Nusantara.

"Kegiatan ini merupakan berkah bagi Kabupaten Kayong Utara karena pada saat ini pemerintah daerah dan masyarakat sedang gencar - gencarnya mempromosikan daerah kami sebagai tujuan wisata," jelas Bupati Kayong Utara Hildi Hamid.

Sebelum menutup sambutannya, bupati yang telah dua periode menjabat  ini berpesan kepada peserta gowes untuk berhati - hati dalam bersepeda saat di jalan nanti.

"Melalui kegiatan gowes ini semoga masyarakat Kayong Utara gemar berolahraga terutama dalam bersepeda," harapnya.

Peserta yang datang untuk memeriahkan GPN  2017 di Kabupaten Kayong Utara ini berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Barat. Salah satu peserta gowes dari komunitas ontel Kabupaten Ketapang Ahmad Jaya menuturkan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mempererat tali silahturahmi dan khususnya memperkenalkan komunitas  sepeda ontel kepada masyarakat luas.

"Semoga even seperti ini bisa berlanjut terus diadakan di Kabupaten Kayong Utara, apalagi pariwisata di Kabupaten Kayong Utara cukup indah, sehingga memiliki daya tarik sendiri untuk pergi ke Kayong Utara," jelas Ahmad Jaya.

Jalur untuk peserta gowes sendiri dibagi tiga rute. Rute untuk anak - anak, rute untuk fun dan rute profesional, dimana finish semua rute tersebut di Pantai Pulau Datok.

 

Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017