Sintang  (Antara Kalbar) - sejumlah wilayah di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, masih kekurangan tenaga pendidik, bahkan ada sekolah yang hanya memiliki satu orang guru.

"Tenaga guru memang masih kurang, salah satu contoh di Kecamatan Ambalau, banyak sekolah yang memiliki satu orang guru," kata Anggota DPRD Sintang, Alan ketika ditemui di Sintang, Selasa.

Ia menuturkan kekurangan guru itu sangat memprihatinkan karena dapat berdampak terhadap kualitas pendidikan serta peningkatan sumber daya manusia generasi mendatang.

Dikatakan Alan, kekurangan guru di Kabupaten Sintang sudah sangat lama, terutama untuk sekolah dasar.

Dirinya meminta, agar pemerintah setempat dapat mengambil kebijakan untuk merekrut tenaga guru kontrak, untuk mengatasi kekurangan guru tersebut.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Yustinus mengatakan untuk menutupi kekurangan guru di sekolah-sekolah pedalaman, pihaknya akan merekrut 50 orang guru kontrak daerah.

Dikatakan Yustinus, pengangkatan guru kontrak akan dilakukan setelah para guru garis depan, yang direkrut BKN mulai bertugas di Sintang.

"Yang jelas tahun ini, Sintang akan merekrut guru kontrak daerah," kata Yustinus.

(T.KR-TFT/N005)

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017