Sekadau (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat komitmen untuk mengembangkan benih ikan yang standar dan berkualitas guna memenuhi kebutuhan konsumsi ikan serta meningkatkan kesejahteraan kelompok petani setempat.

Menurut Bupati Sekadau Rupinus saat dihubungi di Sekadau, Kamis, Pemkab Sekadau memiliki dua balai benih ikan (BBI) yang hingga kini terus menghasilkan benih-benih ikan berkualitas.

"Yang pertama dibangun, di Kemawan Km 7 Jalan Merdeka Timur Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir. Sedangkan yang kedua, di Nanga Suri, Kecamatan Nanga Mahap," ujar dia.

Kedua BBI ini dibangun pada zaman Simon Petrus, Bupati Sekadau Periode 2005-2010-2010-2015. Pembangunan dua BBI ini lanjut Rupinus untuk memenuhi kebutuhan bibit ikan di Kabupaten Sekadau.

"Kita berterima kasih kepada Bupati sebelumnya yaitu Bapak Simon Petrus yang sudah berpikir keras membangun kedua BBI. Dengan adanya dua BBI ini tentu sangat memudahkan masyarakat Kabupaten Sekadau dalam memperoleh bibit ikan yang selanjutnya untuk dibudidayakan," ujarnya.

Menurut mantan Camat Nanga Mahap ini, kedua BBI ini memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan menjadi pusat penangkaran bibit ikan. Untuk dia mendorong agar masyarakat Kabupaten Sekadau memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. "Sudah banyak bibit ikan yang sudah kita salurkan kepada kelompok tani untuk dikembangkan. Semoga bantuan yang sudah kita salurkan ini bisa nambah pendapatan ekonomi keluarga," ujarnya.

Rupinus dan wakilnya, Aloysius, mengunjungi BBI Nanga Suri untuk melihat perkembangan balai benih tersebut. Aloysius mengaku takjub melihat pemandangan di lingkungan BBI Nanga Suri yang sampai saat ini alamnya masih sangat asri.

Menurutnya, BBI Nanga Suri ini menyimpan banyak potensi dalam pengembangan ikan untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Sekadau.

"BBI Nanga Suri ini masih sangat asri atau alami dengan pegunungannya yang masih ditumbuhi hutan lebat termasuk airnya masih sangat jernih dan ini harus kita pertahankan," ujarnya.

Ia berharap, Sekadau bisa menjadi daerah kabupaten yang memiliki potensi pengembangan bibit ikan. "Kedepan kita berharap potensi pembibitan ikan bisa berkembang dengan baik. Saya juga berharap ada kerja sama masyarakat dengan BBI dalam hal pengembangan ikan di Kabupaten Sekadau," ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sekadau ini.

Menurut mantan Ketua DPRD Kabupaten Sekadau ini, kedepannya BBI ini bisa dijadikan sebagai objek wisata untuk masyarakat Kabupaten Sekadau. "Dalam hal pembangunan, pemerintah daerah secara bertahap akan melakukan perbaikan, terutama untuk sarana dan prasarana BBI baik di Nanga Suri maupun BBI di Kemawan," ujar dia.

Pewarta: Gansi/Hartono

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017