Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, I Ketut Sukarja mengajak masyarakat di daerahnya untuk menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit yang ditimbulkan dari gaya dan pola hidup.
"Berdasarkan riset yang ada bahwa telah terjadi peralihan jenis penyakit karena gaya hidup. Oleh karena itu kita mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat," ucapnya saat dihubungi di Sambas, Minggu.
Ketut menjelaskan peerubahan perilaku atau pola hidup tersebut secara garis besar mencakup tiga hal di antaranya adalah melakukan aktifitas fisik, kemudian membiasakan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur dan memeriksakan kesehatan diri secatra rutin.
"Dengan pola hidaup sehat yang ada penyakit bisa ditangkal. Bukan kah mencegah lebih baik daripada mengobati," kata dia.
Sementara itu, Atbah Romin Suhaili mengatakan Pemda Sambas berkomitmen untuk agar masyarakat Sambas berperilaku hidup sehat dan satu di antaranya adalah dengan mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).
"Kami mendorong seluruh elemen masyarakat semuanya untuk bersama sama membangun pola dan gaya hidup sehat. Dalam kontek pemerintahan kita akan membuat semacam regulasi atau aturan yang menyentuh semua level masyarakat, mungkin dalam bentuk Perbup," kata dia.
(U.KR-DDI/M019)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017