Singkawang (Antara Kalbar) - Panitia Pengawas Pemilu Kota Singkawang menyatakan siap mengawasi tahapan-tahapan pilkada gubernur Kalimantan Barat sesuai jadwal yang sudah ditentukan KPU provinsi setempat.

"Kita siap mengawasi tahapan-tahapan Pilgub sesuai jadwal yang sudah ditentukan KPU Provinsi Kalbar," kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Singkawang, Hj Zulita, Kamis.

Apabila terjadi pelanggaran, maka pihaknya tak segan-segan akan melakukan penindakan. Disamping itu, pihaknya juga akan memastikan kelengkapan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia demi menunjang kinerja Panwaslu Kota Singkawang.

"Terutama mengenai kesekretariatan, persiapan tenaga kesekretariatan dan membentuk kelompok kerja sebagai penunjang kinerja Panwaslu Kota Singkawang," ujarnya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam melakukan pengawasan dan pihaknya ingin masyarakat bisa menjadi sahabat Bawaslu.

Karena pengawasan partisipatif dari masyarakat ini sangat menentukan kualitas penyelenggaraan Pemilu. "Tanpa dukungan dan pengawasan dari masyarakat apa yang kita inginkan agar pemilu berkualitas tidak akan dapat berjalan maksimal," ungkapnya.

Panwaslu Kota Singkawang telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilgub Kalbar tahun 2018.

Kemudian dalam waktu dekat Panwaslu Kota Singkawang juga akan melakukan perekrutan Panwascam demi menunjang kinerja Panwaslu Kota Singkawang.

(KR-RDO/S023)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017