Pontianak (Antara Kalbar) - Pemuda asal Sambas kembali mencatat prestasi di tingkat provinsi dan kali ini diraih oleh Putri Avina Aninas, lolos mewakili Kalimantan Barat sebagai pemuda pelopor.

"Putri Avina Aninas yang berasal dari Desa Sabung Kecamatan Subah terpilih sebagai pemuda pelopor bidang pendidikan yang akan mewakili Kalbar dalam pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional Oktober 2017 mendatang," ujar Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sambas, Nizamudin saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Nizamudin menjelaskan Putri yang juga merupakan mahasiswa Politeknik Negeri Sambas mengapa lolos lantaran ia telah turut andil mencerdaskan anak-anak di lokasi perkebunan kelapa sawit di desanya.

"Putri telah menjadi relawan selama tiga tahun dengan memberikan pendidikan karakter. Dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak di desanya Putri harus berkeliling karena terdapat beberapa titik yang harus didatangi. Dengan kondisi jalan memprihatinkan dan lokasi yang tidak memiliki sinyal telepon," paparnya.

Nizamudin menyebutkan awalnya Kabupaten Sambas dalam pemilihan pemuda pelopor mengikuti empat bidang. Namun dua peserta lainnya mengundurkan diri, hingga tersisa dua peserta yang mengikuti pemilihan tersebut.

"Ada empat peserta yang ikut pemilihan pemuda pelopor hingga ke provinsi namun dua orang mengundurkan diri. Satu di antaranya Juliansah, di bidang inovasi teknologi. Ia mengundurkan diri setelah terpilih menjadi Kepala Desa Sendoyan Kecamatan Sejangkung," kata dia.

Terhadap pencapai Putri yang lolos di tingkat provinsi pihaknya akan terus memberikan motivasi dan semangat untuk berjuang ke tingkat selanjutnya.

"Kita juga minta Putri nantinya belajarlah dari Pemuda Sambas yang telah berhasil di ajang nasional seperti Abdi, Andika dan Jefriadi. Sepanjang bisa membuka diri saya yakin pasti akan bisa. Sedang bagi pemuda Sambas lainnya juga harus bisa mengembangkan dan memperkuat kapasitas diri untuk menjadi pemuda yang mampu dengan berbagai bidang," kata dia.


(U.KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017