Pontianak (Antara Kalbar )-Program JKN-KlS yang dikelola BPJS Kesehatan membuat BPJS Kesehatan berupa untuk terus memberikan pelayanan terbaiknya, baik dalam berupa pelayanan kesehatan ataupun manfaat eksklusif bagi pemegang Kartu Indonesia Sehat. Sampai dengan Agustus 2017 jumlah peserta JKN-KIS di Provinsi Kalimantan Barat mencapai 2,880,912 jiwa atau sekitar 53,7096 dari total penduduk di Kalbar. "Sebelumnya Kartu JKN-KlS hanya dapat digunakan ketika peserta sakit dan berobat ke puskesmas atau rumah sakit, tapi sekarang peserta JKN-KIS yang statusnya aktif dapat menggunakan kartu JKN-KIS saat sehat", kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Ansharuddin di Pontianak, Rabu. Ia mengatakan, pemberian manfaat tambahan tersebut disambut baik oleh Hotel Mercure Pontianak yang terletak di jalan Ahmad Yani Pontianak. "Hal ini kami wujudkan dengan ditandatangani Perjanjian Kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Pontianak dengan Hotel Mercure Pontianak di Hotel Mercure Pantinak, Rabu 20 September 2017 dalam memberikan manfaat tambahan kepada peserta JKN-KIS,"katanya. Menurutnya, manfaat tambahan yang diberikan bagi peserta JKN-KIS tersebut adalah dengan menjadi peserta JKN-KlS yang aktif, peserta akan mendapat potongan harga (discount) sebesar 50 persen dari harga rack rate superior room di Hotel Mercure Pontianak, "peserta hanya akan membayar sebesar Rp520.500 permalam sudah termasuk sarapan untuk maksimal dua orang," jelasnya .
Menurutnya, harga tersebut diberikan kepada peserta yang menginap saat weekend dan public holiday. Sedangkan saat weekday peserta JKN-KIS aktif cukup membayar sebesar Rp600.000 permalam. Dan, tidak hanya itu peserta juga diberikan potongan harga sebesar 25 persen untuk makanan dan minuman (non alcohol dan rokok) di Hotel Mercure Pontianak. Peserta cukup menunjukan kartu JKN-KIS aktif serta ldentitas Kependudukan (KTP). Kemudian pihak hotel akan memvalidasi kartu peserta serta memastikan bahwa kartu tersebut aktif tanpa ada tunggakan.
Dia kembali. Ia mengatakan, peserta juga dapat memperlihatkan keaktifan kartunya dengan cara menunjukkan keaktifan melalui aplikasi mobile JKN. "Bagi peserta yang belum memiliki aplikasi tersebut dapat langsung mengunduh melalui play store dan app store. Diskon tidak hanya berlaku untuk peserta di wilayah Kalbar, akan tetapi juga untuk seluruh peserta JKN-KIS aktif dl seluruh Indonesia yang berkunjung dan menginap di Hotel Mercure Pontianak," paparnya. Sementara itu, General Manager Hotel Mercure Pontianak, Rudin Ruslan mengatakan, kerjasama yang dilakukan itu merupakan bentuk dukungan Hotel Mercure Pontianak terhadap program JKN-KIS. "Kami berharap dengan kerjasama ini dapat bersinergi dengan baik dan mendapat benefit yang saling menguntungkan dalam memperluas promosi masing-masing kedua belah pihak," kata Ruslan. GM Hotel Mercure itu juga mengatakan, program manfaat tambahan berupa diskon ini diharapkan dapat meningkatkan kepesertaan JKN-KlS dan meningkatkan kesadaran peserta untuk membayar iuran JKN-KIS.
"Kerjasama yang kami tanda tangani ini sebagai upaya memberikan pelayanan yang maksimal bagi peserta," katanya. Sebagai lnformasi Peserta JKN-KIS di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Pontianak saat ini mencapai 1.571.154 jiwa dengan rincian per Kota/Kabupaten yaitu Kota Pontianak 447.737 jiwa, Kabupaten Kubu Raya 308.337 jiwa, Kabupaten Mempawah 163.990 jlwa, Kabupaten Landak 249.030 jiwa, Kabupaten Ketapang 302.467 jiwa dan Kabupaten Kayong Utara 99.593 jiwa (Data per Agustus 2017).

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017