Pontianak  (Antara Kalbar) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Khatulistiwa Pontianak, menargetkan bisa melayani sekitar sembilan ribuan pelanggan baru sepanjang tahun 2017.

"Hingga saat ini sudah sekitar enam ribuan pelanggan baru yang terlayani, sehingga diharapkan pada akhir tahun ini bisa terlayani sebanyak sembilan ribuan pelanggan baru," kata Dirut PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak, Ladjito di Pontianak, Jumat.

Ia berharap, dengan adanya bantuan pemasangan pipa tersier oleh Pemerintah Kota Pontianak, maka target pelayanan tersebut bisa tercapai.

"Tahun ini, kami mendapat bantuan sebesar Rp11 miliar dari Pemkot Pontianak, yang digunakan untuk pemasangan pipa tersier di gang-gang yang belum memilikinya," ungkapnya.

Ia berharap, dengan dipasangnya pipa-pipa tersier tersebut, maka sambungan baru di Kota Pontianak lebih meningkat lagi.

Sebelumnya, Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menyatakan, saat ini Pemkot Pontianak sedang memfokuskan pembangunan dan pemasangan jaringan pipa PDAM untuk di sekitar 100 gang yang ada di Kota Pontianak.

Sutarmidji menjelaskan, pihaknya menganggarkan Rp8 miliar untuk pembangunan dan pemasangan jaringan pipa milik PDAM pada 100 gang tersebut, sehingga bisa melayani sekitar enam ribu pelanggan baru di tahun lalu.

Untuk memenuhi pasokan air, dampak dari penambahan pelanggan baru tersebut, Pemkot Pontianak akan dibantu oleh pemerintah pusat dalam menambah kapasitas air sekitar 300 liter/detik, katanya.

Menurut dia, pihaknya akan terus memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih, salah satunya membangun booster hingga di pinggir Kota Pontianak, seperti di kawasan Batu Layang hingga Kelurahan Pal Lima.

"Pembangunan booster guna meningkatkan jangkauan distribusi air PDAM ke pelanggan, terutama pelanggan yang berada di ujung atau pinggiran Kota Pontianak yang selama ini jangkauan airnya belum lancar," ujarnya.

(U.A057/T011)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017