Singkawang (Antara Kalbar) - Anggota DPRD Kota Singkawang, Anton Triadi mengimbau masyarakat kota setempat untuk tetap mewaspadai berbagai penyakit yang biasa terjadi di musim hujan.

"Saya minta kepada seluruh lapisan masyarakat Singkawang untuk tetap mewaspadai berbagai penyakit yang biasa terjadi di musim penghujan," kata Anton, Selasa.

Yang mana menurutnya, curah hujan yang terjadi sekarang ini cukup tinggi sehingga perubahan terhadap suhu lingkungan pun akan terjadi.

"Jadi, saya imbau waspadai berbagai macam penyakit yang sering muncul pada musim hujan," katanya.

Berbagai penyakit yang bisa saja terjadi saat ini, sebut dia, antara lain, DBD, diare, penyakit kulit, influenza serta masih banyak penyakit lainnya.

Menurutnya, saat ini sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Kalbar mulai diserang Demam Berdarah Dengue (DBD). Diantaranya, Kabupaten Sintang, Kota Singkawang, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Sambas.

"Untuk di Kota Singkawang dalam tahun ini sudah ada yang meninggal. Maka dari itu kita harus berhati-hati," pesan wakil rakyat Dapil Singkawang Barat ini.

Legislator dari PDIP Singkawang ini juga menegaskan, agar Pemkot Singkawang perlu bersinergi serta melakukan berbagai kesiapan. Langkah-langkah itu penting guna mengantisipasi sekaligus melakukan penanggulangan DBD secara terpadu.

"Harus ada kesiapan dari pemerintah daerah dalam menghadapi serangan penyakit DBD. Dan kita yakin Pemkot Singkawang telah berbuat demi Kota Singkawang," ungkapnya.

Tak hanya itu, pemerintah daerah juga harus menyediakan vaksin serta obat-obatan terhadap penyakit DBD.

"Faktor kebersihan juga merupakan jurus utama dalam pencegahan infeksi kuman penyebab berbagai penyakit," katanya. 

(KR-RDO/R021) 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017