Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya mengatakan dalam waktu dekat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Barat akan meluncurkan perpustakaan digital dengan nama E-Book Kalbar.

"Kalau tidak ada halangan itu akan diluncurkan pada awal November nanti, bersamaan dengan kegiatan Book Fair," kata Christiandy di Pontianak, Kamis.

Menurutnya, perpustakaan digital ini nantinya akan menjadi perpustakaan masa depan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, yang diarahkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Untuk mendukung hal tersebut, Pemprov Kalbar bersama DPRD setempat juga sedang menyusun Raperda tentang perpustakaan, yang diarahkan untuk melakukan menjadikan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan secara profesional.

"Kita ingin memberikan layanan perpustakaan kepada masyarakat secara cepat, tepat dan akurat. Dengan demikian, kita menjamin kelangsungan pengelolaan perpustakaan yang baik di daerah," tuturnya.

Tujuan lainnya, kata Christiandy, pihaknya ingin masyarakat dapat menumbuhkan minat baca untuk memperluas wawasan dan pengetahuan masyarakat.

Terkait hal tersebut, Christiandy berharap pemerintah kabupaten/kota dan kecamatan yang ada di seluruh Kalbar dapat mendukung Perda tersebut dengan pembuatan Perda dan perdes serupa. Dengan demikian, akan terjadi sinkronisasi antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga tingkat desa.

"Kami berharap pemerintah desa saat ini sudah mulai mempersiapkan infrastruktur untuk pembentukan perpustakaan di tingkat desa. Bisa saja menggunakan dana dari ADD atau pihak ketiga," katanya.

Jika infrastruktur perpustakaan tersebut sudah tersedia, nantinya Pemprov Kalbar bisa memberikan bantuan hibah buku bagi perpustakaan tersebut.

"Ini sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dalam UU nomor 43 tahun 2007, dimana disebutkan bahwa pengelolaan dan wewenang untuk perpustakaan itu menjadi kewajiban dari pemerintah desa, sehingga pemerintah provinsi dan kabupaten/kota hanya melakukan pembinaan," kata Christiandy. 

(KR-RDO/B012) 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017