Singkawang (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, MH Munsin mengharapkan masyarakat Kota Singkawang dapat mendukung pembangunan bandara yang saat ini sedang berproses.

"Karena dampaknya begitu besar bagi masyarakat Singkawang dan Kalbar, jadi rencana pembangunan bandara ini harus didukung penuh oleh masyarakat," kata Munsin di Pontianak, Kamis.

Salah satu bentuk dukungan yang diharapkan adalah agar masyarakat kota setempat yang lahannya masuk dalam rencana kawasan bandara dapat memberikan kemudahan bagi pemkot setempat untuk proses pembebasannya.

"Untuk biaya ganti rugi lahan, ya jangan ditekan terlalu tinggi harganya. Kalau harganya tinggi dan pemkot tidak bisa membelinya, jelas pembangunan bandara itu menjadi terhambat," tuturnya.

Menurutnya, dengan sudah adanya Bandara Singkawang, katanya, maka orang-orang akan berdatangan untuk melakukan investasi di Kalbar mengingat sudah adanya sarana transportasi yang memadai.

Apalagi, katanya kalau Pelabuhan Internasional sudah jadi, tentu akan memberikan dampak luas bagi pebangunan dan perekonomian masyarakat.

"Bandara Pontianak dimungkinkan tidak akan mampu menampung penumpang, mengingat dalam satu harinya Bandara Supadio mengangkut penumpang 10 ribu sampai 12 ribu penumpang. Makanya, mesti ditunjang dengan Bandara Singkawang," katanya.

Untuk itu, dia meminta agar masyarakat Singkawang betul-betul mendukung pembangunan bandara ini. "Jangan saling tekan menekan, hasut menghasut akhirnya menghambat pembangunan Bandara," katanya.

Menurutnya, tiga mitra yang tidak bisa lepas dari pembangunan adalah pemerintah, masyarakat, dan swasta. "Ketiga ini yang paling utama," kata Muhsin.



(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017