Singkawang  (Antaranews Kalbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Singkawang, Kalbar memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama dengan menggelar khitanan massal.

"Kegiatan yang diikuti sebanyak 120 anak se-Kota Singkawang itu dilaksanakan di Gedung Arafah kota Singkawang, dengan melibatkan 10 orang tenaga medis," kata Ketua Baznas Kota Singkawang, Mahmudi, Jumat

Dia menjelaskan, pada tahun ini panitia menargetkan sebanyak 100 orang untuk dilaksanakan sunatan massal, namun yang mendaftar mencapai 120 orang.

Dengan kegiatan sunatan massal ini, Mahmudi mengharapkan dapat meringankan beban orang tua.

Selain kegiatan sunatan massal, kata Mahmudi, pada tahun ini Baznas Kota Singkawang juga mendistribusikan zakat dari UPZ Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang kepada 50 orang Dhuafa di Kota Singkawang yang pelaksanaanya sudah dilakukan pada Selasa (19/12) di Aula Kemenag Singkawang.

"Pembiayaan kegiatan ini diambil dari dana pembayaran zakat, baik zakat profesi maupun zakat lainnya yang dikelola oleh Baznas Kota Singkawang," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Muhlis mengapresiasi kegiatan sunatan massal tersebut.

"Alhamdulillah setiap tahun Baznas Kota Singkawang dapat melaksanakan kegiatan sunatan massal, yang dirangkai dalam memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama," katanya.

Tak hanya Baznas, dalam rangka HAB ini juga Kantor Kementerian Agama Singkawang telah menyerahkan bantuan berupa sembako kepada beberapa panti asuhan yang ada di Kota Singkawang.

"Untuk bantuan sembako ini merupakan sumbangan dari pegawai Kementerian Agama dan guru agama di Kota Singkawang, yang kita distribusikan kepada panti asuhan di Kota Singkawang," ujarnya.

Sementara orang tua dari salah satu peserta khitanan massal, Supardi merasa bersyukur dengan adanya kegiatan sunatan massal ini.

"Alhamdulillah anak saya Aldo (9), bisa ikut sunatan massal, dalam kegiatan ini sehingga dapat membantu meringankan beban kami sebagai orang tua," katanya.



(U.KR-RDO/T011)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017