Singkawang (Antaranews Kalbar) - LSM Publik Kota Singkawang, Provinsi Kalbar terus menggencarkan aksi tanam pohon guna menciptakan kota yang hijau dan asri.

"Kegiatan tanam pohon ini sudah kita lakukan pada Sabtu (23/12) kemarin bersamaan dengan kegiatan seminar lingkungan hidup yang melibatkan para pelajar, LSM dan masyarakat," kata Ketua LSM Publik Singkawang, Uray Albert di Singkawang, Rabu.

Kegiatan seminar ini, katanya, mendatangkan nara sumber dari Badan Lingkungan Hidup Singkawang dan dihadiri perwakilan dari Pemkot Singkawang, Bujang Sukrie serta perwakilan Polres Singkawang.

"Pesertanya ada sekitar 40-an yang berasal dari SMAN 6, SMKN 5, SMPN 8, LSM dan masyarakat," ujarnya.

Tujuan dari kegiatan tanam pohon, katanya, untuk menghijaukan Kota Singkawang supaya terlihat Asri. Dengan begitu Singkawang bisa kembali mendapatkan Adipura.

Disamping itu, kegiatan tanam pohon juga bisa menjadi langkah konkrit upaya penyelamatan sumber daya hayati di negeri ini.

Sehingga, katanya, pada kondisi inilah diperlukan Iptek untuk dapat mengelola alam dengan bijak dan merespon dinamika perubahannya secara tepat, akurat dan terukur, dan berkesinambungan.

"Manusia harus mengembalikan fasilitas yang telah diberikan oleh alam secara cuma-cuma, salah satunya dengan menanam pohon," ajaknya.

Sementara pada kegiatan tanam pohon itu, katanya, ada sebanyak 20 batang pohon lengkeng yang ditanam di sekitar Kantor Camat Singkawang Utara.

"Diharapkan kedepannya, Pemkot Singkawang lebih peduli terhadap lingkungan dan dapat membina LSM lingkungan hidup di Kota Singkawang," katanya.


(U.KR-RDO/T011)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017