Pontianak (Antaranews Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Barat mengumumkan pasangan calon perseorangan pada Pilgub Kalbar, Kartius-Pensong, belum memenuhi persyaratan dukungan dan masih diberi kesempatan untuk memenuhinya.


"Dari hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi dukungan bakal calon perseorangan pada Pilgub Kalbar yang kita laksanakan hari ini, diketahui bahwa dalam Pilgub Kalbar nanti hanya satu pasangan calon perseorangan, yaitu pasangan Kartius-Pensong yang mendaftar," kata Ketua KPU Kalbar Umy Rifdiawaty usai rapat pleno terbuka KPU setempat itu di Pontianak, Rabu.


Ia menjelaskan syarat dukungan untuk maju Pilgub Kalbar adalah 300.883 suara, sedangkan dukungan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar dari jalur perseorangan, Kartius-Pensong, yang memenuhi syarat hanya 122.579 dukungan.


"Dari hasil rekapitulasi kita, rinciannya Sambas 15.151 dukungan, Ketapang 94.824 dukungan, Sintang 186 dukungan, Kapuas Hulu 0, Bengkayang 2.048 dukungan, Landak 742 dukungan, dan Kubu Raya 9.592 dukungan. Dengan total keseluruhan 122.579 dukungan yang sah," tuturnya.


Dia mengatakan meski pasangan itu belum memenuhi syarat dukungan, jika mereka masih akan mendaftarkan diri saat pembukaan pendaftaran nanti, pasangan tersebut harus mencari dukungan 178.304 x 2 atau 356.608 dukungan.


Selain itu, katanya, mereka diwajibkan untuk menambah dua kabupaten/kota baru, karena di Kota Singkawang dan Kapuas Hulu dukungannya nol.


Di tempat yang sama, Ketua Tim Pemenangan Pasangan Kartius-Pensong, Efendi Cingkong, mengatakan pihaknya tetap akan mendaftar saat pembukaan pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur oleh KPU pada pertengahan Januari mendatang.


"Kita intinye manerima hasil pleno dari KPU Kalbar ini. Untuk syarat dukungan yang kurang, akan kita penuhi karena masih ada cukup waktu untuk memenuhi syaratnya," kata dia.


Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah mengatakan sejauh ini, berdasarkan pantauan di lapangan, belum ada laporan terkait dengan syarat dukungan Kartius-Pensong.


"Kita meminta kepada pasangan ini, jika akan menyampaikan berkas pendaftarannya agar bisa melampirkan tembusan kepada kami," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018