Sanggau (Antaranews Kalbar) - Kafilah Kecamatan Meliau sukses menyabet tampuk juara dan mengukuhkan sebagai juara umum pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXVII tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2018 di Kecamatan Jangkang.

Event ini resmi ditutup oleh Wakil Bupati Sanggau, Drs Yohanes Ontot M Si pada Jumat (19/1) malam.

Ketua umum panitia pelaksana Eduardus Evald, S Sos mengatakan pelaksanaan MTQ tersebut mulai dari tanggal 13-19 Januari 2018, diikuti peserta sebanyak 336 orang yakni peserta dari 15 kecamatan. 

Selain kegiatan lomba,  juga dikaksanakan pameran yang diikuti 25 stand. Dan juga ada pasar rakyat yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat.

Ketua LPTQ Kabupaten Sanggau  H Roni Fauzan mengungkapkan pelaksanaan MTQ berlangsung dengan tertib dan lancar, seluruh rangkaian kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan masing-masing cabang yang dilombakan telah mendapatkan para pemenangnya.

"Selama berlangsungnya kegiatan telah terjadi banyak interaksi sosial diantara para peserta, dengan panitia dengan masyarakat. Hal ini akan semakin mengeratkan silaturahmi diantara seluruh komponen masyarakat. Sehingga kita semua dapat menyatukan langkah mendukung program pembangunan demi mewujudkan sanggau maju dan terdepan dalam bingkai NKRI, " ungkapnya. 

Untuk pelaksanaan MTQ ke XXVIII tingkat Kabupaten Sanggau pada tahun 2019 mendatang, ditetapkan Kecamatan Bonti.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot, M Si mengatakan, tujuan melaksanakan MTQ ini adalah agar dapat meningkatkan kesadaran umat, terutama hubungan manusia dengan sang pencipta, hubungan sesama manusia serta hubungan manusia dengan alam semesta.

"Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan umat dalam membaca seni baca Alquran serta lainnya. disamping itu. Kemudian untuk mencari Qori-qoriah, hafiz-hafizah serta Khattat-khattatah terbaik dalam rangka menghadapi MTQ XXVII tingkat provinsi kalimantan barat tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Mempawah mendatang, " ungkap Ontot. 

Ontot menasehati para pemenang, jangan cepat puas dengan hasil yang telah diraih, teruslah belajar dan belajar lagi agar dapat berprestasi di kancah MTQ provinsi maupun nasional sehingga dapat mengharumkan nama Kabupaten Sanggau.

"Nah,  kepada para peserta yang belum berhasil jangan pernah putus asa, teruslah berlatih dan belajar, perbaiki kekurangan sehingga dapat ikut berkompetisi kembali pada MTQ yang akan datang," pungkasnya.  


Pewarta: M Khusyairi/Sukardi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018