Pontianak (Antaranews Kalbar) - Ketua Tim Seleksi KPU Provinsi Kalimantan Barat Ahmad Rabiul Muzammil mengatakan hingga hari kedua sejak pembukaan sudah empat orang yang mendaftar ke sekretariat.

"Pendaftaran dimulai Senin tanggal 12 Februari kemarin, sekarang sudah empat orang yang mendaftar. Seharusnya lima, tapi satu tidak jadi," kata AR Muzammil di Pontianak, Selasa.

Dari empat nama tersebut, latar belakang mereka bervariasi. Ada yang statusnya swasta, Aparatur Sipil Negara, anggota KPU di kabupaten dan komisioner KPID Kalbar.

Proses pendaftaran dibuka selama tujuh hari, dari tanggal 12-21 Februari 2018. Jika pendaftar kurang dari 60 peserta, maka masa pendaftaran akan diperpanjang. Setelah itu berlanjut pada tahapan penelitian administrasi tanggal 13-26 Februari 2018.

Pada tahapan ini, tim seleksi akan mengumumkan peserta yang lolos sebanyak 60 orang. Lalu berlanjut pada tahapan berikutnya yakni tes tertulis yang menggunakan sistem CAT tanggal 7 Maret 2018.

Ia menjelaskan, dari 60 orang tersebut, akan diseleksi menjadi 35 peserta untuk mengikuti tes psikologi tanggal 8-12 Maret 2018.

Pada tahapan ini, yang gugur sebanyak lima orang sehingga jumlah peserta tersisa 30 orang.

"30 peserta yang lolos dan melanjutkan pada tahapan pemeriksaan kesehatan dan tes wawancara untuk diseleksi menjadi 10 orang," kata Muzammil.

Nama-nama tersebut yang nantinya akan dikirim ke KPU Pusat untuk ditetapkan menjadi lima orang komisioner KPU Provinsi Kalbar. 

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018