Singkawang (Antaranews Kalbar) - Tim medis dari berbagai daerah yang terkumpul di Surabaya akan melakukan aksi sosial di Rumah Sakit Kusta Alverno Kota Singkawang, pada tanggal 2 hingga 3 Maret 2018 mendatang.

Direktur Rumah Sakit Kusta Alverno, dr Ompusunggu Barita, Jumat, mengatakan, tim medis yang terdiri dari empat orang dokter bedah orthopedi, tiga dokter anastesi dan dua perawat akan melakukan rekonstruksi untuk pasien kusta yang sudah cacat.

"Mereka akan melakukan aksi sosialnya dengan mengoperasi pasien-pasien di RSK Alverno. Kita doakan agar kegiatan ini nanti bisa berjalan dengan lancar dan para pasien kita bisa dioperasi," katanya.

Dalam kegiatan ini, semua pasien tidak dipungut biaya alias gratis. Barita menjelaskan, tujuan tim medis akan merekonstruksi para pasiennya antara lain untuk mengembalikan fungsi organ yang cacat, terutama tangan dan kaki akibat kusta.

"Direncanakan sebanyak 20 orang pasien yang akan dioperasi nanti. Pasca operasi diharapkan para pasien yang mengalami cacat karena kusta bisa meningkatkan rasa kepercayaan dirinya dan yang lebih utama bisa lebih meningkatkan dalam beraktivitas, sehingga taraf kehidupannya bisa meningkat," tuturnya.

Dia juga berharap, semoga niat baik tim medis dari Surabaya ini dapat menjadi motivasi pihak-pihak lain, khususnya masyarakat untuk lebih peduli terhadap pasien kusta, dan semakin banyak donatur yang bersedia untuk berbagi.

Hal tersebut diungkapkannya mengingat RSK Alverno tidak memiliki sumber dana yang cukup kecuali sedikit klaim dari BPJS.


Pewarta: Rudi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018