Kubu Raya (Antaranews Kalbar) - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Gandhi Satyagraha mengatakan kelompok tani masih terkendala dalam realisasi mekanisasi pertanian.

"Situasi tersebut sangat jauh dari kebutuhan yang seharusnya. Untuk itu, seiring dengan upaya peningkatan hasil produksi pangan Kubu Raya menuju swasembada pangan, pemerintah terus mengupayakan perbaikan dan perlengkapan sarana dan prasarana penunjang," kata Gandhi di Sungai Raya, Senin.

Dia mencontohkan, untuk Desa Sungai Krawang, khususnya di Dusun Wono Sari, sebagian petani masih merontok padi dengan cara tradisional/manual. Dimana untuk empat kelompok tani di dusun tersebut hanya memiliki satu unit perontok padi mesin.

Idealnya, kata Gandhi, satu kelompok ada satu mesin perontok yang dapat dipakai secara bergantian. Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya langsung mengambil inisiatif menyampaikan hal itu ke Bupati Kubu Raya.

Baca juga: Poktan Dan KWT Perkuat Kapasitas Melalui Temu Usaha Tani

"Kita lihat tadi disini hasilnya sangat baik dan kita perlu dukung dengan fasilitas penunjang. Kita hari ini menyaksikan bahwa sebagian dari mereka masih merontok dengan cara manual dan memang sangat membutuhkan mesin perontok," tuturnya.

Gandhi mengatakan, terkait hal tersebut, Bupati Kubu Raya Rusman Ali melalui Dinas Pertanian Kubu Raya, langsung mengambil langkah untuk memudahkan kebutuhan petani tersebut. Dengan mengirimkan satu unit mesin perontok padi ke Dusun Wono Sari pada bulan ini juga.

"Alhamdulillah, Bupati Kubu Raya sangat merespon dengan cepat dan kita akan mengirimkan satu unit mesin perontok ke sana pada bulan ini juga. Kita berharap dapat bermanfaat langsung kepada kebutuhan masyarakat pada musim panen kali ini," kata Gandhi.

Baca juga: Wabup Minta Penyuluh Pertanian Bantu Pendataan Poktan

Di tempat terpisah, Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan bahwa pihaknya selalu meminta instansi di Kubu Raya agar dalam menyusun kegiatan dan program, benar-benar yang dibutuhkan masyarakat dan memberi manfaat bagi masyarakat.

"Itu sebabnya saya selalu ingatkan agar kegiatan dan program yang disusun serta bantuan yang disalurkan tepat sasaran, tepat guna dan tepat waktu. Pemerintah harus hadir disaat yang tepat dan disaat yang dibutuhkan masyarakat dalam memberikan solusi," ujar Rusman Ali.

Rusman Ali mengatakan, bahwa pihaknya selalu memberikan perhatian terhadap kebutuhan petani dilapangan. Secara bertahap diharapkan nantinya akan mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan pertanian nasyarakat Kubu Raya.


Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018