Pontianak (Antaranews Kalbar) - KPU Provinsi Kalimantan Barat menetapkan enam tema untuk kegiatan debat kandidat tahap 1 Pilgub Kalbar 2018 yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 31 Maret mendatang.

"Penetapan tanggal debat dan enam tema yang ditentukan ini sudah disepakati bersama antara KPU dan tim dari tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Rencananya debat publik tahap pertama ini akan dilaksanakan 31 Maret mendatang," kata komisioner KPU Kalbar, Misrawi di Pontianak,Rabu.

Dia menjelaskan, enam tema debat terkait visi dan misi paslon gubernur itu antara lain, meningkatkan masyarakat dan memajukan daerah, meningkatkan pelayanan masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota, provinsi dan nasional, dan memperkokoh NKRI dan kebangsaan.

" Untuk waktu debat akan dilaksanakan selama 90 menit, meliputi 30 menit itu untuk kegiatan iklan layanan masyarakat sedangkan debatnya selama 60 menit," katanya.

Seperti biasa, kata Misrawi, KPU nantinya akan menunjuk tim perumus materi debat yang terdiri dari beberapa unsur. Kegiatan debat itu juga nantinya akan disiarkan langsung oleh televisi lokal Kalbar.

"Teman-teman dari kesekretariatan KPU masih menyiapkan proses lelang untuk proses penyiaran debat publik itu. Tapi rencananya akan menyiarkan secara langsung kegiatan debat publik itu, bisa TV bisa radio," tuturnya.

Dia menambahkan, untuk debat publik penyampaian visi dan misi pencalonan Gubernur/wakil gubernur Kalbar tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 5 Mei. Sedangkan untuk tahap ketiga akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juni.

Misrawi juga menjelaskan, kesepakatan bersama untuk tidak melaksanakan kampanye pada hari besar keagamaan ini pada masa kampanye 15 Februari-23 Juni, hanya untuk kampanye rapat umum. Sedangkan bentuk kampanye lainnya diperbolehkan.


Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018