Putussibau (Antaranews Kalbar) - Anggota DPRD Kapuas Hulu Kuswandi mengatakan, sektor perkebunan dan perikanan berpotensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Saya rasa bidang perkebunan karet dan perikanan sangat memiliki potensi luar biasa, dengan catatan perlu dilakukan evaluasi baik harga karet mau pun pengembangan perikanan selama ini," jelas Kuswandi ditemui Antara di Putussibau, Kapuas Hulu, Rabu.

Ia mengatakan terkait naik turunnya harga karet mesti ada solusi dan evaluasi yang harus dilakukan, sehingga harga karet tidak bisa menjadi permainan di pasaran.

Menurut Kuswandi, pabrik karet memang perlu didirikan di Kapuas Hulu,hanya saja perlu pendataan baik jumlah kebun karet mau pun jumlah produksinya.

" Memang perlu dilakukan terobosan, bekerjasama dengan negara tetangga, pendirian pabrik dan juga pemahaman kepada masyarakat dalam menjaga kualitas karet," kata Kuswandi yang baru saja dilantik jadi Anggota DPRD Kapuas Hulu.

Bahkan dirinya meminta agar pemerintah melalui dinas terkait untuk benar - benar melakukan pembinaan kepada masyarakat.

Jangan sampai kata Kuswandi, masyarakat selalu diberikan bantuan bibit tanpa dilakukan pembinaan, begitu juga dengan sektor perikanan.

Dikatakan Kuswandi, bahwa ikon Kapuas Hulu yaitu ikan arwana dan tidak sedikit penangkaran ikan arwana, itu perlu dilakukan pendataan dan pembinaan, sama halnya dengan budidaya ikan konsumsi untuk menopang perekonomian masyarakat.

" Masyarakat tentu tidak akan keberatan jika ada retribusi untuk menambah pendapatan daerah, tetapi itu semua perlu pembinaan dari pemerintah, sehingga antara masyarakat dan pemerintah sama - sama diuntungkan," kata dia.

Dirinya berharap adanya sinergitas semua pihak dalam membangun Kapuas Hulu, terutama dalam peningkatan perekonomian masyarakat.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018