Pontianak (Antaranews Kalbar) - Atraksi replika naga pada Perayaan Cap Go Meh tahun 2018, di Kota Pontianak, Jumat (2/3) bisa dilihat langsung melalui Smartphone.

Ketua Panitia Cap Go Meh 2018, Sugioto di Pontianak, Kamis, mengatakan, atraksi arakan replika naga pada puncak Cap Go Meh di Pontianak bisa disaksikan lewat aplikasi iVMS-4500 di ponsel berbasis Android.

"Kami sudah bekerjasama dengan Hikline CCTV untuk membantu mempromosikan atau menyiarkan acara Cap Go Meh 2018, sehingga masyarakat bisa menonton secara langsung dari ponsel mereka masing-masing, sehingga bagi teman-teman dari luar yang tidak sempat hadir tetap bisa menyaksikan atraksi replika naga di Pontianak," ungkapnya.

Ia menambahkan, pemanfaatan teknologi informasi tersebut bukan yang pertama, tahun lalu juga sudah dilakukan tetapi belum maksimal.

Sugioto menambahkan, caranya cukup mudah, yakni unduh aplikasi iVMS-4500 di play store, kemudian pilih region Asia-Indonesia, tekan gambar garis tiga di sudut kiri atas, dan pilih fitur devices, kemudian pilih (+) manual adding.

Kemudian device information isi dengan keterangan berikut, alias capgomeh2018; kemudian

register mode IP/domain; addres hikline2018.dyndns.tv; part 8000; user name user; password?user1234; camera no. 4. Jika sudah dilakukan secara otomatis arakan atau atraksi bisa disaksikan dengan mengubah kamera untuk mengikuti perjalanannya, katanya.

Ia menambahkan, pada puncak Perayaan Cap Go Meh, Jumat besok akan dimeriahkan oleh 28 replika naga yang pesertanya sebagian besar dari yayasan pemadam kebakaran swasta.

"Untuk tahun ini, ada dua replika naga yang panjang, yakni satu dari Pontianak sepanjang 118 meter, dan satu lagi dari Sungai Pinyuh dengan nama `naga langit` yang akan memeriahkan puncak Perayaan Cap Go Meh di Pontianak," katanya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rute pawai naga tahun 2018, yakni dipusatkan di sepanjang Jalan Gajahmada, kemudian Tanjungpura dan berakhir di Jalan Diponegoro, kemudian malam harinya kembali dimeriahkan dengan naga bersinar atau naga yang dihiasi oleh lampu, katanya.



 

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018