Singkawang (Antaranews Kalbar) - Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Singkawang melakukan Operasi Keselamatan Kapuas di Terminal Pasiran untuk mengingatkan keselamatan di jalan khususnya kepada sopir, Rabu.

"Dalam operasi keselamatan ini kita memberikan peringatan yang bersifat Preemtif kepada sopir," kata Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Priyanto.

Polres Singkawang bersama Dishub dan Jasa Raharja Cabang Singkawang mendatangi awak angkutan umum di Terminal Pasiran.

"Mereka kita ingatkan agar selalu memeriksa kelaikan kendaraannya seperti rem berfungsi dengan baik,?ban tidak gundul, lampu sein,?lampu rem sampai ke lampu utama agar berfungsi dengan baik," ujarnya.

Hal ini, katanya, untuk mencegah kecelakaan lalu lintas di jalan yang diakibatkan ketidaklaikan kendaraan.

Para awak angkutan umum juga, diingatkan waktu istirahat dan tata cara pemuatan orang dan barang. "Kalau mengantuk, capek dan lelah silakan istirahat,?jangan memaksakan diri yang akhirnya berakibat kecelakaan," ungkapnya.

Karena, kalau hal itu terjadi tentu akan merugikan banyak pihak.

Dia menambahkan, selama kegiatan Operasi Keselamatan Kapuas 2018, pihaknya mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk selalu tertib dan menaati aturan?berlalu lintas di jalan supaya terwujud Keamanan, Keselamatan,?Ketertiban dan Kelancaran Berlalu Lintas (Kamseltibcarlantas).

Dia bersyukur, karena dalam tiga hari berlangsungnya Operasi Keselamatan ini, Satlantas Polres Singkawang nihil penindakan tilang.?

"Namun melakukan penindakan pemberian blangko teguran ada dan telah dilakukan sebanyak 148 lembar," jelasnya.

Dia berpesan kepada anggota, untuk lebih mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif barulah Represif. Karena dengan cara bertindak seperti ini diharapkan warga masyarakat merasa malu untuk melakukan pelanggaran lalu lintas dan?semakin?sadar ke depannya sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan.



 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018