Pontianak (Antaranews Kalbar) - Ketua Bidang Ekonomi Ummat-Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia, Mahmuddin Muslim menilai sosok Karolin Margret Natasa - Suryadman Gidot mampu melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan Cornelis-Christiandy di Kalbar.

"Selama 10 tahun, mantan Gubernur dan wakil Gubernur Kalbar, Cornelis-Christiandy mampu menorehkan banyak prestasi bagi pembangunan di provinsi itu. Pasangan pemimpin Kalbar yang diusung oleh koalisi PDI Perjuangan, Partai Demokrat dan PKPI telah berhasil memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Kalimantan Barat," kata Muslim di Pontianak, Kamis.

Menurutnya, selama 10 tahun, kepemimpinan Cornelis-Christiandy tentu masih jauh dari sempurna, masih banyak kekurangan di sana-sini dalam menjalankan amanah sebagai Gubernur Kalbar.

Namun, tidak bisa dipungkiri, banyak prestasi yang telah diperoleh oleh Cornelis selama memimpin Kalimantan Barat. Proses pembangunan yang dilaksanakan selama 10 tahun mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kalbar.?

"Salah satu prestasi Gubernur Cornelis adalah mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Kalbar. Sebelumnya Kalbar sangat rawan konflik berbau SARA, dimana tercacat Kalbar sering dilanda kerusuhan sosial berbau SARA," tuturnya.

Dia mengatakan, selama kepemimpinan Cornelis, semua kejadian yang memicu konflik SARA bisa diantisipasi secara dini oleh seluruh unsur pemerintahan Kalbar dan tentu dengan bantuan para tokoh adat, suku dan agama yang ada di Kalbar.?

Relasi sosial dan keagamaan selama 10 tahun ini sangat kondusif. Jika pun ada riak-riak kecil dalam relasi sosial dan keagamaan bisa diselesaikan dengan cara-cara musyawarah mufakat tanpa kekerasan.?

"Menurut saya, Karolin yang didukung oleh koalisi PDI Perjuangan, Partai Demokrat dan PKPI bisa melanjutkan rasa aman dan nyaman tersebut jika nanti terpilih menjadi Gubernur dan wakil Gubernur. Sebagai seorang nasionalis yang menjunjung tinggi Pancasila sebagai bintang penuntun menjadi jaminan relasi sosial antarsuku, agama dan ras bisa berjalan dengan baik," katanya.

Pembangunan, menurutnya hanya bisa dilaksanakan jika ada rasa aman dan nyaman bagi segenap stake holder yg ada di kalbar. "Tentu saja, jika semua bisa berjalan dengan baik, bermuara pada kesejahteraan dan kerukunan bagi masyarakat Kalbar," kata Muslim.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018