Sintang (Antaranews Kalbar) - Calon Gubernur Kalbar nomor urut tiga, Sutarmidji, kembali menegaskan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat diantaranya membangun pabrik pengolahan untuk mendongkrak harga jual karet. 

Pembangunan pabrik karet yang dicanangkan Sutarmidji, diyakini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Karena, harga jual karet dapat meningkat dan secara otomatis lapangan pekerjaan baru bagi warga Kalimantan Barat pun tersedia.

"Kalau saya terpilih menjadi Gubernur Kalimantan Barat. Saya akan bertemu Presiden RI, lalu saya akan dorong untuk dibangun pabrik karet. Kita jelaskan potensi yang ada di Kalimantan Barat seperti karet. Ini harus ada pabrik karet, kalau kita bisa mengolah pabrik karet itu sendiri, maka kita juga akan bisa meningkatkan harga jual karet," jelas Sutarmidji.

    Selain untuk meningkatkan harga jual, pembangunan pabrik karet yang dicanangkan Sutarmidji diyakini akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga Kalimantan Barat. Sutarmidji menjelaskan bahwa dampak positif dengan adanya pabrik karet, yakni akan menampung tenaga kerja asli Kalimantan Barat.

"Dengan adanya pabrik karet ke depan dapat menjadi lapangan pekerjaan baru yang akan menampung tenaga kerja asli Kalimantan Barat. Semua tenaga kerja harus dari Kalimantan Barat. Kita bangun untuk kesejahteraan masyarakat semuanya," jelas Sutarmidji.

    Pemanfaatan karet ke depan diharapkan dapat menjadi komoditas sebagai penunjang kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat. Sutarmidji juga menjelaskan bahwa potensi yang dimiliki Kalimantan Barat harus dimaksimalkan dan diolah dengan baik.

"Kalbar punya potensi, Kalbar punya SDM yang baik, Kalbar punya kekayaan alam. Tinggal nanti kita maksimalkan dengan baik. Semua potensi harus dimaksimalkan dan diolah dengan baik, agar dapat menjadi komoditas penunjang kesejahteraan masyarakat. Sudah saatnya kita bangkit. Kita berdiri sendiri tanpa harus mendapat bantuan dari pihak lain. Kalbar Baru, Maju dan Sejahtera," ungkap Sutarmidji dengan yakin didepan ratusan warga Sintang yang hadir di Kecamatan Sepauk.

Pada kesempatan yang sama, warga yang hadir menyambut baik program yang ditawarkan Sutarmidji. Menurut Stepanus (39), pembangunan pabrik karet yang dicanangkan Sutarmidji merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalbar.

"Gagasan Sutarmidji dalam membangun pabrik karet merupakan cara yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat. Semua masalah juga akan teratasi dengan dibangunnya Pabrik Karet," jelas Stepanus, warga Sintang.

Bahkan, Stepanus dengan lantang menyatakan dukungan penuh terhadap Sutarmidji untuk memimpin Kalimantan Barat kedepannya. Stepanus juga menyebut Sutarmidji layak pimpin Kalbar. "Saya dukung Sutarmidji jadi Gubernur Kalimantan Barat. Sutarmidji adalah pemimpin yang paling layak pimpin Kalbar," jelasnya.

 

Pewarta: Rilis

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018