Pontianak (Antaranews Kalbar) - Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut tiga, Sutarmidji mengatakan, dalam menghadapi perkembangan teknologi dan informasi, pelaku UMKM harus dapat berinovasi dalam memasarkan produknya.
    Untuk itu, Sutarmidji mengimbau kepada seluruh pelaku UMKM agar terus berinovasi dalam mengembangkan UMKM agar sektor berdampak pada kesejahteraan dan kemajuan Kalimantan Barat.
    "Di era perkembangan teknologi dan informasi, pelaku UMKM juga harus berinovasi menciptakan produk baru yang bermanfaat. Tidak hanya itu, produknya juga harus dipasarkan secara inovatif. Sektor UMKM harus ditingkatkan, karena akan berdampak pada kesejahteraan dan kemajuan Kalimantan Barat," jelas Sutarmidji saat membuka pembangunan Gedung UMKM Centre di Pontianak.
    Menurutnya, dengan diberi pelatihan, maka SDM Kalimantan Barat akan lebih kreatif dan inovatif.
    Dalam kesempatan yang sama, calon Wakil Gubernur Kalbar nomor urut tiga Ria Norsan juga memberi tips agar kualitas UMKM meningkat, yaitu  dengan melakukan publikasi di tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh calon pembeli potensial.
    Dia menambahkan, mini display merupakan tempat yang tepat untuk melakukan promosi produk yang dihasilkan oleh UKM, dengan memamerkan contoh produk dilengkapi informasi tentang harga, bahan baku dan lain-lain.
    Ria Norsan juga mengatakan, setelah melakukan publikasi produk, sebaiknya telusuri dari mana para pelanggan mengetahui produk atau jasa kita. "Informasi ini penting, untuk mengetahui program pemasaran mana yang efektif dan mana yang kurang efektif, sehingga pelaku UMKM dapat menentukan perubahan strategi berdasarkan hasil temuan tersebut," kata dia.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018