Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Kota Pontianak, Kalbar akan memiliki mini planetarium berbentuk gedung teater untuk memperagakan simulasi susunan bintang dan benda-benda langit.

"Insya Allah tahun depan Pemkot Pontianak akan membuat planetarium di kawasan Tugu Khatulistiwa," kata Pjs Wali Kota Pontianak, Mahmudah seusai membuka acara peringatan titik kulminasi matahari di kawasan Tugu Khatulistiwa Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, rencana itu muncul setelah melihat antusiasme masyarakat untuk mencoba mini planetarium pinjaman dari LAPAN (Lembaga Antariksa dan Penerbangan) di acara titik kulminasi di kawasan Tugu Khatulistiwa Pontianak.

Planetarium adalah gedung teater untuk memperagakan simulasi susunan bintang dan benda-benda langit.

"Mini planetarium itu, saat ini ada di halaman Tugu Khatulistiwa sampai acara titik kulminasi selesai," ungkapnya.

Mahmudah menjelaskan pengadaan mini planetarium itu akan ada di bawah Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak, yang membutuhkan anggaran sekitar Rp200 juta hingga Rp300 juta.

"Mini planetarium itu akan dibuatkan gedung permanen agar lebih aman. Jika melihat mini planetarium pinjaman LAPAN, untuk masuk ke sana tidak boleh beralas kaki dan membawa benda tajam," ujarnya.

Nantinya, mini planetariumnya dibuat permanen dan dijaga, sehingga akan lebih aman, baik bagi pengunjung dan bagi planetarium tersebut.

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN, Jasyanto mengaku pihaknya siap membantu supervisi keinginan Pemkot Pontianak tersebut.

"Kami siap membantu Pemkot Pontianak dalam membuat mini planetarium di kawasan Tugu Khatulistiwa itu, baik dari segi teknis dan lainnya," katanya.

 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018