Sanggau (Antaranews Kalbar) - Bukan hanya kegiatan fisik dan non fisik saja yang harus rampung tepat waktu. Namun, progres kegiatan juga harus terdata dengan seksama, sehingga perkembangan capaian program bisa terpantau dan sebagai bahan pelaporan.
    Untuk itu, keberadaan pos komando (posko) dipandang amat penting. Maka tak mengherankan posko inilah yang pertama didirikan oleh personel
TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204 Sanggau TA 2018 di Kecamatan Noyan.
    Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Herry Purwanto melalui Perwira Seksi Teritoril (Pasi Ter) Kapten Inf Eko Prasetyo didampingi Perwira Seksi Intel (Pasi Intel) Kapten Inf Andri mengatakan, pihaknya tidak hanya disibukan dalam pengerjaan sasaran fisik di lapangan. Kesibukan juga terlihat di posko TMMD tersebut.
    Beberapa anggota terlihat sibuk mengisi berbagai laporan dan papan progres kegiatan. Langkah ini berfungsi untuk menjamin berjalannya berbagai unit kerja yang ada secara terpimpin, terkoordinasi, efektif, dan efisien dilokasi. 
    "Jadi di posko itu ada kegiatan administrasi, sebelumnya personel bagian ini melaksanakan pengumpulan informasi dan data lapangan. Kemudian, membuat bagan perkembangan informasi sebagai dasar penyusunan rencana kegiatan, sebagai pusat informasi terhadap progres program TMMD Regtas kali ini," ungkap Eko.
    Selain itu kata Eko, posko ini juga digunakan sebagai pusat pengendalian kegiatan, memantau, serta memberikan instruksi kepada para prajurit di lapangan sehingga kegiatan dapat tepat sasaran sesuai program yang sudah direncanakan.
    "Selama TMMD  ini berlangsung, posko akan selalu ada untuk mengumpulkan data up date. Terkait berbagai perkembangan sasaran fisik maupun non fisik. Nah, segala bentuk data TMMD ada, termasuk data kebutuhan dan pengunaan material. Dan kemudian, dokumentasi perkembangan dalam program TMMD ini akan terorganisir dengan baik dan apik di posko," pungkas dia.

 

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018