Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengapresiasi suksesnya program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang banyak membantu pemkab dan masyarakat kabupaten itu dalam membangun dan membina lingkungan masyarakat.

"Makanya, saya sangat mendukung kegiatan TMMD ke 101 yang dilakukan di wilayah Kubu Raya. Dengan kehadiran program TMMD dapat membantu pemerintah dalam melakukan kegiatan pembangunan fisik dengan lebih berkualitas," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Kamis.

Menurutnya, selain hasil pembangunan yang berkualitas karena dilakukan dengan cara gotong royong bersama warga setempat, program TMMD itu juga terbukti dapat menghemat anggaran, karena kegiatan pelaksanaan pembangunan fisik akan jauh berbeda jika dilakukan kegiatannya dengan cara swakelola dibandingkan dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh kontraktor atau pihak ketiga.

"Kami sangat mendukung sekali program ini, program ini, sejak kami menjadi Bupati Kubu Raya terus kami fasilitasi di Kubu Raya dan berjalan dengan baik dan lancar. Banyak manfaat yang didapat dalam program-program seperti ini. Kita akan dukung terus program TMMD ini kedepan," ujar Rusman Ali.

Rusman Ali mengatakan dalam mempercepat pembangunan memang dibutuhkan sinergisitas semua elemen. Masyarakat, Pemerintah, TNI, Polri dan LSM, semua harus bersama-sama bahu membahu melalui peranan masing-masing dalam mendorong percepatan pembangunan.

"Baik pembangunan fisik maupun non fisik. Sebagaimana diketahui, dalam program TMMD juga dilakukan kegiatan-kegiatan pembangunan non fisik, seperti penyuluhan kesehatan, KB, Gizi, pola hidup sehat. Penyuluhan kesadaran bela Negara, cinta NKRI dan kehidupan berbangsa," tuturnya.

Mantan anggota DPR itu juga mengatakan, banyak manfaat yang didapat dalam kegiatan-kegiatan seperti ini, seperti membangun kembali semangat gotong royong di masyarakat, bakti sosial seperti pelayanan kesehatan gratis, sunatan gratis dan lain-lain.

"Kita harapkan kegiatan seperti ini, dengan kerja sama yang baik ini dapat terus kita pertahankan. Kita juga berterimakasih kepada TNI Polri dan masyarakat disini yang telah bersama-sama mensukseskan kegiatan ini," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Rusman Ali meminta masyarakat agar bersama-sama menjaga dan memelihara fasilitas-fasilitas fisik yang telah dibangun bersama untuk kebutuhan bersama di masyarakat.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018