Putussibau (Antaranews Kalbar) - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Achmad Supriyadi mengatakan pengabdian tanpa batas tentara di perbatasan bukti nyata negara hadir hingga ke pelosok negeri khususnya di daerah perbatasan.

"Kegiatan TNI itu salah satu implementasi dari program Nawacita Presiden Joko Widodo, bahwa negara ini hadir sampai pelosok," kata Pangdam Achmad saat meninjau program pengabdian tanpa Batas tentara perbatasan di Desa Pulau Majang, Kecamatan Badau perbatasan Indonesia - Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Kamis.

Ia menjelaskan perhatian negara di tengah - tengah masyarakat sudah cukup banyak seperti bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur serta bidang ekonomi.

Baca juga: Tanamkan jiwa NKRI di perbatasan mulai dari pendidikan

Oleh karena itu, kata Achmad untuk membangun bangsa ini tidak cukup hanya dilakukan pemerintah, namun harus dilakukan secara bersama - sama termasuk dukungan dari masyarakat.

"Masyarakat juga berperan dalam pembangunan, ibaratkan gayung bersambut," ucap Jenderal berbintang dua itu.

Dikatakan Achmad, kegiatan TNI kali ini sasarannya daerah perbatasan dengan berbagai kegiatan di bidang Pendidikan, Kesehatan berupa pengobatan Massa secara gratis serta sejumlah kegiatan sosial lainnya.

Baca juga: Pelajar di perbatasan inginkan pendidikan lebih maju

Saat mengunjungi Desa Pulau Majang, Kecamatan Badau, Pangdam di dampingi Bupati Kapuas Hulu menggunakan helikopter yang disambut antusias masyarakat dan pelajar perbatasan di daerah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Achmad juga menyempatkan berbincang langsung dengan pelajar perbatasan.

Dia berpesan agar pelajar perbatasan tetap memperkokoh keutuhan NKRI dengan bersungguh - sungguh meraih prestasi.

Sebab menurut Achmad, pelajar atau generasi muda di perbatasan merupakan generasi emas yang harus disiapkan untuk melanjutkan kejayaan Indonesia.

Baca juga: "Petasan", upaya Korem 121/ABW bantu peningkatan pendidikan daerah

"Kami sangat berharap kehadiran negara ini benar - benar dirasakan masyarakat," tegas Achmad.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir menyampaikan terima kasih kepada pihak TNI yang hadir melalui berbagai kegiatan sosial di Desa Pulau Majang.

 Dikatakan Nasir, kehadiran negara dalam pembangunan melalui kegiatan TNI diharapkan tidak hanya seremonial, namun mampu membuka pemahaman masyarakat dengan pembangunan dari pemerintah melalui program Nawacita.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018