Pontianak (Antaranews Kalbar) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Jawa Barat berkunjung ke Kota Singkawang, untuk menjalin kerja sama antardaerah dalam upaya penanganan orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

"Kunjungan ini bertujuan untuk menjajaki kerja sama antardaerah dalam upaya penanganan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) kedua daerah," kata perwakilan KPA Provinsi Jawa Barat, Diding Wahyudin di Singkawang, Jumat.

Kedatangan rombongan di sambut Staf Ahli Wali Kota Singkawang, Agus Priyatno, Kepala Dinas Kesehatan Singkawang, A Kismed, Kabag Kesra, Apriyanto, dan Sekretaris KPA Singkawang, Maya Satrini di ruang rapat Wakil Wali Kota Singkawang.

Dia menjelaskan, dengan populasi penduduk Jawa Barat sekitar 48 juta jiwa, ada masalah dinamika kesehatan yang dihadapi provinsi itu. Dimana pada tahun 2017 diduga 32.210 (HIV) orang dan 9.217 orang (AIDS).

Sehingga, kedatangan pihaknya adalah untuk membangun jalinan kerjasama dengan provinsi lainnya, termasuk di Provinsi Kepulauan Riau yang telah dilakukan sebelumnya.

"Yakni ingin melihat penanganan bagaimana warga Jabar yang berada di Kalbar maupun Kota Singkawang yang diduga menderita HIV/AIDS ini terfasilitasi dengan baik, " ujarnya.

Kerjasama yang dimaksud, katanya, nanti dapat tertuang dalam perjanjian kerjasama antar daerah dengan mengacu regulasi yang ada.

"Untuk pematangan itu maka pihaknya ingin lebih mendalam berdialog sehingga upaya menuju kerjasama antar daerah ini bisa terwujud," ungkapnya.

Dicontohkan dia, seperti fasilitasi warga Jawa Barat yang diduga Odha, jika hendak pulang ke kampung halaman di Jabar maka bisa difasilitasi dengan kerjasama antar daerah seperti kerjasama antar Pemprov Jabar dan Pemprov Kepulauan Riau.

"Sehingga dalam kerjasama ini secara teknis terkait fasilitasi maupun bisa juga saling tukar data dan informasi terkait Odha dan penanganannya," jelasnya.

Dia berharap, dengan pertemuan ini mendapatkan gambaran jelas dan teknis terkait apa-apa saja yang akan menjadi ketentuan kerjasama antar daerah dalam penanganan HIV/AIDS.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Wali Kota Singkawang, Agus Priyatno berharap pertemuan ini bermanfaat bagi kedua daerah dalam penanganan HIV/AIDS.

Pada pertemuan itu, Agus juga memaparkan sejarah dan penanganan serta langkah Pemkot Singkawang dalam menanggulangi HIV/AIDS di kota Singkawang.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018