Putussibau  (Antaranews Kalbar) - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir dengan tegas menekankan tiga hal penting kepada kepala desa di wilayah Kapuas Hulu, Provinsi Kalbar terutama dalam pelaksanaan fungsi dan tugas Penyelenggaraan pemerintah desa kedepan.

"Kepala desa mengemban amanat yang tidak ringan, sehingga kades harus mampu menjawab dan menempatkan diri menghadapi tantangan pembangunan yang semakin kompleks," kata Nasir saat melantik 112 kades di Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Jumat.

Tiga hal penting yang disampaikan Nasir yaitu kepala desa harus bekerja dan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab, untuk peningkatan pelayanan serta kesejahteraan masyarakat.

Kemudian, Kepala desa mesti bekerjasama dengan Badan Pengawasan Desa dalam menjalankan pemerintahan desa serta dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat.

"Kades harus sinergis dengan BPD lakukan komunikasi dan koordinasi yang baik untuk kepentingan masyarakat," pinta Nasir.

Selain itu, Nasir juga menekankan agar kades menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa baik kelembagaan kemasyarakatan mau pun warga masyarakat desa secara keseluruhan.

Sehingga kata Nasir, dapat mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial mau pun aspek ekonomi dalam kerangka "grand strategy" pembangunan daerah.

(

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018