Singkawang (Antaranews Kalbar) - Satuan Lantas Polres Singkawang membina para juru parkir (jukir) yang berada di toko CV Arli, beralamat di Jl Alianyang, Senin. 
   
Kanit Dikyasa Satlantas Polres Singkawang, IPDA Jamian mengatakan, sedikitnya ada 35 jukir yang dibina. 
   
"Kepada 35 jukir ini kita berikan materi tentang 12 gerakan pengaturan lalu lintas (turlalin), tiga jenis tiupan peluit dan tata cara turlalin dengan menggunakan tangan maupun alat," ujarnya. 
   
Kegiatan ini, katanya, untuk memberikan pengetahuan kepada Jukir tentang 12 tehnik pengaturan lalu lintas, cara tipuan peluit dan penggunaan lampu Apil.
   
Disamping itu, pembinaan ini juga sekaligus untuk menambah keterampilan mereka dalam mengantisipasi pengunjung CV Arli yang kondisinya selalu ramai pada saat sore hari apalagi mendekati lebaran.
   
"Mereka juga kita ajarkan cara menghentikan, memperlambat kendaraan, cara menyeberangkan masyarakat yang akan berbelanja, serta menjalankan kendaraan," ungkapnya. 
   
Dia pun menyarankan, kepada pengelola agar bisa memfasilitasi petugas jukir dengan sarana peluit, rompi kuning stabilo yang bertuliskan Supeltas CV ARLI, dan lampu apil pada malam hari.
   
Jamian menambahkan, selama bulan suci Ramadhan, pihaknya melaksanakan pengamanan Pasar Juadah di beberapa titik di Kota Singkawang. 

Pewarta: Rudi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018