Pontianak (Antaranews Kalbar) - Tak mau kalah dengan para suaminya, para istri dan anak-anak anggota Lantamal XII Pontianak berkesempatan mengasah kemampuan menyelam dengan mengunakan Self Contained Underwater Breathing Aparatus (Scuba), yang dilaksanakan di kolam renang Muara Kapuas Pool, di Jalan Komyos Sudarso Pontianak.

"Pembinaan para calon penyelam dasar di lingkungan Lantamal XII dengan mengajak putra-putri dan ibu-ibu keluarga prajurit lantamal XII sejak dini agar ada generasi penyelam-penyelam muda yang terbina dan terjaga pengetahuan kepenyelamanan dan menjadi contoh generasi muda Kalbar," kata Aspotmar Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi yang juga selaku Pembina Olahraga Perairan (Selam) POSSI Provinsi Kalbar, di Pontianak, Rabu.

Ia mengatakan, untuk menjadi penyelam, fisik harus sehat dan kuat agar mendukung kemampuan renang. Untuk itu, penyelam akan di uji bertahan di dalam air menggunakan alat selam Scuba.

"Olahraga ini cukup menarik dan menyenangkan, yang tidak jarang membuat peserta yang ikut latihan berkeinginan menyelam lagi selesai latihan tersebut," katanya.

Dijelaskannya, pelatiahan menyelam itu merupakan salah satu dukungan yang diberikan oleh istri-istri TNI-AL yang tergabung dalam Jalasenastri Korcab XII.

"Olahraga selam ini juga sebagai rekreasi buat keluarga dan calon bibit muda, melalui pembinaan itu, kelak sudah mahir, patra putri kami ini juga  bisa berekreasi melihat biota laut di laut melalui olahraga diving," katanya.

Menurutnya latihan menyelam dari keluarga keluarga besar parjurit TNI-AL itu bahkan rutin dilakukan setiap minggu sekali. Hal itu tentunya untuk menumbuhkan rasa cinta bahari sebagai keluarga TNI-AL, baik sebagai sarana olahraga yang berprestasi maupun hobby sebagai sarana rekreasi di hari libur buat anak anak sekolah bersama keluarga.

Pelatihan selam dasar binaan Dispotmar Lantamal XII agar kedepan dapat  bersinergi bersama POSSI Propinsi Kalbar untuk membudayakan cinta bahari khususnya pembinaan sejak dini kepada generasi muda putra-putri prajurit Lantamal XII, umumnya generasi muda kalimantan barat khususnya kota Pontianak.

"Dalam latihan selam itu, generasi muda putra-putri prajurit Lantamal XII di latih oleh Lettu Laut (S) Bambang setyawan, yang sehari-hari sebagai perwira staf srena salah satu instruktur selam yang memiliki kualifikasi pelatih yang di miliki Lantamal XII Pontianak," katanya.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018