Sanggau (Antaranews Kalbar) - Kontes durian unggul asli Kalimantan Barat di Desa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau mampu menarik minat wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara.

"Durian di sini memang sangat enak dan saya tidak pernah merasakan durian seenak ini sebelumnya," kata wisatawan asal Kota Bandung, Jawa Barat, Asen saat menghadiri kontes durian asli Kalbar di Sanggu, Jumat.

Asen menjelaskan ia bersama empat temannya sebagai penikmat durian jauh-jauh datang ke Sanggau untuk menyaksikan kontes durian dan menikmati sensasi rasa durian daerah tersebut.

"Kami dari Bandung lima orang, mau lihat kontes durian di Balai Karangan ini," jelas dia

Ia mengatakan kehadirannya di Balai Karangan ingin membuktikan ucapan kenalannya di Pontianak bahwa durian asli Balai Karangan terkenal nikmat.

"Katanya durian di daerah Balai itu luar biasa nikmat. Jadi saya penasaran mau membuktikan nikmatnya durian Balai Karangan," kata dia.

Ketebalan daging dan warna kuning durian Balai Karangan serta rasanya yang nikmat membuat perjalanan dan pengorbanannya terbalaskan.

"Kalau sekarang orang bilang durian Musang King itu enak, saya rasa ini lebih enak, Musang King menurut saya kalah. Durian di sini tebal dagingnya, manis dan pahit bersatu, hampir tidak ada seratnya, bijinya kecil, warnanya juga cantik," jelas dia.

Asen yang merupakan kolektor berbagai jenis durian sudah memesan bibit durian Balai Karangan untuk dikoleksi.

"Saya sudah pesan. Kebetulan di kebun saya seluas 5 hektare sudah ada ratusan bibit unggul, jadi hanya pesan 20 pokok unggulan di sini untuk menambah koleksi," ujarnya.

Baca juga: Ratusan peserta ikut kontes durian Sanggau

Asen berharap, kontes durian di Kalbar bisa diadakan setiap tahun, sebagai salah satu bentuk promosi bahwa durian Kalbar tidak kalah dengan durian dari daerah lain.

Selain itu, sambung Asen, saat musim durian, para pedagang hendaknya menyiapkan fasilitas yang nyaman bagi pembeli.

"Durian yang akan dipasarkam ditata yang rapi dengan penghayatan yang cukup dengan meja kursi duduk yang nyaman. Jadi semua yang datang bisa menikmati durian itu sambil duduk nyaman, sambil menikmati makanan-makanan yang lain," ucapnya.

Kata Asen, Kalbar sangat berpotensi menjadi provinsi dengan tujuan wisata durian. Tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga dari mancanegara.

"Sangat bisa dan saya rasa kalau ini dipromosikan. Saya bisa bawa rombongan dari Bandung untuk ramai-ramai datang ke sini. Terus fasilitas hotel itu diperhatikan, agar tamu bisa tidur dengan nyaman. Saya yakin Balai Karangan hebat," sebutnya.

Dalam kontes durian asli Kalbar hadir beberapa wisatawan mancanegara seperti dari Prancis dan Belgia. (KR-DDI).

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018