Sanggau, (Antaranews Kalbar) - Sebanyak 102 peserta mengikuti kontes durian unggul asli Kalbar yang digelar Pemerintah Kabupaten Sanggau bersama Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat di Kantor Camat Sekayam, Sanggau.

"Kontes ini merupakan yang kelima kalinya digelar. Peserta tahun ini meningkat secara signifikan dibanding tahun sebelumnya," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, Jhon Hendri saat memberikan laporan dalam pembukaan kontes di Sekayam, Sanggau, Jumat.

Ia menjelaskan kontes ini merupakan bagian dari upaya menemukan varietas durian baru yang ada di Sanggau.

"Saat ini ada 21 varietas yang ditemukan melalui kontes. Semoga tahun ini menemukan varietas baru lagi," jelas dia.

Ia menambahkan terpenting lagi melalui kegiatan tersebut untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dunia bahwa Sanggau memiliki durian lokal yang bisa bersaing dengan durian mana pun.

"Semoga acara ini yang sudah masuk kalender even daerah yang bermanfaat bagi petani durian dan daerah ini," harap dia.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar Heronimus Hero mengapresiasi kegiatan kontes untuk seleksi durian unggul.

"Kegiatan ini harus menjadi contoh daerah lain di Kalbar. Kita tahu bahwa sebenarnya setiap kabupaten memiliki durian dan mengklaim terbaik. Untuk yang terbaik tentunya harus seperti ini," kata dia.

Kontes tersebut juga dihadiri Dirjen Hortikultura Kementan RI, pemerintah daerah, wisatawan lokal dan mancanegara serta masyarakat setempat.


 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018