Pontianak (Antaranews Kalbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat mengeluarkan surat edaran waspada penyakit hepatitis A sebagai langkah antisipasi penyebaran penyakit menular masuk di daerah itu.

"Surat edaran yang ada untuk mengantisipasi meluasnya penularan tersangka hepatitis A ke wilayah Sambas sebab daerah tetangga kita yakni Kota Singkawang sudah banyak kasus soal itu," ujar Kadinkes Sambas, Fattah Maryunani saat dihubungi di Sambas, Rabu.

Ia menjelaskan surat edaran yang dibuat tersebut disampaikan kepada Puskesmas dan kemudian fasilitas kesehatan tingkat pertama tersebut akan menginformasikanya kepada masyarakat luas.

"Kita telah minta juga Puskesmas untuk melaksanakan hal-hal seperti mengaktifkan surveilans Puskesmas untuk memantau kejadian yang diduga suspeck hepatitis A di seluruh sekolah yang terdapat di wilayah kerja masing-masing," kata dia.

Ia menambahkan melalui surat edaran tersebut pihaknya juga meminta Puskesmas agar membuat surat edaran kepada seluruh sekolah yang berada di wilayah kerja setiap Puskesmas.

"Surat edaran agar seluruh sekolah meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), khususnya di lingkungan sekolah. Untuk melakukan penanganan terhadap kasus-kasus yang diduga suspek hepatitis A dan melaporkan setiap perkembangan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas melalui seksi surveilans dan imunisasi," katanya.

Dalam surat tersebut katanya khusus untuk Puskesmas Selakau Kecamatan Selakau yang berbatasan langsung dengan Kota Singkawang agar melakukan pendeteksian dini kejadian suspek hepatitis A ke seluruh sekolah.

"Sudah diedarkan sejak kemarin dalam mengantisipasi penularan suspeck hepatitis A," katanya.

Untuk Kabupaten Sambas sejuh ini menurut Fattah masih belum ada suspect pasien Hepatitis A.

"Kembali, kiranya kita memang mesti waspada karena penyakit ini telah muncul di Kota Singkawang, daerah yang berbatasan langsung dengan kabupaten Sambas ," ajak dia.

Hepatitis A lanjutnya sangat perlu untuk diwaspadai mengingat mudah untuk menular melalui berbagai cara.

"Penyakit ini disebabkan Virus Hepatitis A, yang akan mengakibatkan penyakit radang hati, virus ini mudah menular melalui makanan dan minuman, jadi kita mesti waspada,"tegasnya.

Masyarakat kata Fattah, bisa menghindari terpapar virus tersebut dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan.

"Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghindarinya adalah dengan menjaga kebersihan, misalnya membersihkan tangan sebelum menyiapkan makanan dan sebelum makan, lalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet dan jangan berbagi perlengkapan makan, handuk serta sikat gigi," jelasnya.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018