Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Andy Jap mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan endemik medis dan sumber penularan dari wabah Hepatitis A yang terjadi di Kota Singkawang sebagai upaya pencegahan menyebarnya penyakit tersebut di masyarakat.

"Saat ini endemik Hepatitis A sepertinya memang sudah semakin mewabah di Singkawang. Untuk itu, kita akan mengarahkan untuk mencari sumber penyebabnya terlebih dahulu, untuk melakukan upaya pencegahan," katanya di Pontianak, Rabu.

Untuk penanganan kasus bagi penderita, dia optimtistis Dinas Kesehatan Singkawang bisa melakukan mengingat penyakit Hepatitis A salah satu penyakit ringan dan masih mudah diobati.

Baca juga: Sambas waspada Hepatitis A

Meski demikian, pihaknya tidak akan menganggap hal itu sebagai sepele, karena semua penyakit harus ditanggapi dengan serius oleh dinkes.

Pihaknya akan segera mengirim tim untuk mengetahui sumber penyebab dan kronologis penyebaran penyakit tersebut di Kota Singkawang.

Dengan demikian, pihaknya bisa melakukan upaya lanjut untuk penanganannya.

"Sumbernya ini yang harus kita ketahui dan harus kita hilangkan.Hari ini tim dari Kementerian Kesehatan sudah turun ke Singkawang untuk membantu kita dalam menangani penyakit ini di Kota Singkawang," tuturnya.

Baca juga: Cegah penyebaran virus, SMPN 4 Singkawang liburkan siswa

Untuk menghindari penyakit Hepatitis A, dia mengimbau masyarakat selalu menjaga kesehatan, istirahat yang cukup, mengonsumsi vitamin yang cukup serta menjaga pola hidup sehat.

"Ini adalah langkah yang paling mudah yang bisa dilakukan, karena penyakit ini juga disebarkan melalui lingkungan. Jika lingkungan kita baik dan kita menjaga kesehatan dengan baik, tentu penyakit Hepatitis A ini tidak mudah menyerang," kata Andy.

Dinas Kesehatan Kota Singkawang akan mengusulkan status KLB penyakit Hepatitis A kepada wali kota setempat, mengingat makin mewabah penyakit tersebut di masyarakat.

Baca juga: Hepatitis A semakin mewabah, Dinkes Singkawang usulkan status KLB

"Untuk penetapan status KLB penyakit Hepatitis A ini akan kami usulkan ke Wali Kota Singkawang. Saat ini kita sedang menyiapkan laporan, biar nanti wali kota yang menetapkannya," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Singkawang Mursalin.

Untuk melakukan pencegahan penyebaran penyakit tersebut, pihaknya sudah melakukan pengambilan sampel air pada beberapa pemukiman warga di Kota Singkawang. Sedikitnya 24 sampel air petugas diambil dari beberapa sekolah dan rumah tangga.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018