Pontianak (Antaranews Kalbar) - KPU Kalbar mengajak masyarakat di provinsi itu, untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 mendatang.

 "Mari kita sukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, baik Pileg maupun Pilpres 2019 mendatang," kata Anggota KPU Kalbar, Mujiyo di Pontianak, Rabu.

 Ia menjelaskan, salah satu peran serta masyarakat dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, yakni dengan menggunakan hak pilih mereka, dalam menentukan masa depan bangsa dan negara Indonesia lima tahun mendatang.

Mujiyo juga mengajak masyarakat untuk mencermati daftar pemilih tetap untuk Pemilu 2019 yang sudah diumumkan sejak tanggal 28 Agustus 2018, apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum, jadi masyarakat bisa mengeceknya langsung ke kantor lurah setempat.

"Hasilnya, saat ini ada sekitar 90 ribuan pemilih pemula yang terdaftar dari sebelumnya 60 ribuan pemilih pemula yang tersebar di 14 kabupaten/kota di Kalbar, dari DPT Kalbar, saat ini sekitar 3,5 juta pemilih," ujarnya.

Dia kembali mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mensukseskan pemilu. "Karena kalau pemilu sukses, maka kita turut serta dalam menentukan nasib bangsa," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPu Kota Pontianak, Sujadi menyatakan, jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pileg dan Pilpres 2019, untuk wilayah Kota Pontianak, sebanyak 440.103 pemilih atau mengalami kenaikan dibanding DPT Pilkada 2018, yakni dari sebelumnya sebanyak 427.354 pemilih.

"DPT Pileg dan Pilpres untuk wilayah Kota Pontianak meningkat dibanding DPT Pilkada serentak tahun 2018, setelah kami tetapkan dalam rapat pleno, Kamis malam (23/8) kemarin," katanya.

Ia juga berharap, partisipasi masyarakat pada Pileg dan Pilpres 2019 tahun depan bisa lebih meningkat lagi dari pemilu-pemilu sebelumnya.
 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018