Putussibau (Antaranews Kalbar) - Kapolres Kapuas Hulu melalui Kepala Satuan Binmas, Polres Kapuas Hulu AKP Supriyanto mengatakan narkoba merupakan ancaman nyata di tengah-tengah masyarakat dan perlu diperangi semua pihak.

"Kita perlu waspada perketat pengawasan kepada anak-anak kita, jangan sampai generasi muda terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba," kata Supriyanto, kepada Antara di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Minggu.

Menurut dia, peranan masyarakat dalam mencegah dan memerangi narkoba sangat penting, karena tidak mungkin semua sudut wilayah diawasi petugas.

Baca juga: BNN Singkawang ringkus pemilik narkoba

"Apabila melihat dan mendegar adanya peredaran narkoba, segera laporkan kepada petugas kepolisian terdekat. Jangan takut melaporkan," tegas Supriyanto.

Dikatakan Supriyanto, peredaran narkoba saat ini sudah mulai beragam karena ada yang disisipi melalui permen, makanan maupun minuman.

Sementara itu, KBO Satnarkoba Polres Kapuas Hulu, Ipda Haryono mengatakan pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan penyuluhan terhadap bahaya narkoba.

Dijelaskan dia, salah satunya yang sering disosialisasikan yaitu Undang Undang nomor 35 Tahun 2009, bahwa narkoba merupakan sejenis zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, seperti sintesis mau pin semi sintesis dapat menimbulkan penurunan kesadaran, menghilangkan rasa nyeri dan bisa menimbulkan ketergantungan.

Baca juga: Pegawai Lapas tertangkap saat transaksi narkoba

"Narkoba sangat-sangat berbahaya, bisa merusak otak manusia kami berharap seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama pihak kepolisian dalam memerangi narkoba," pinta Haryono.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018